Intip Amalan Bulan Rajab Mulai Sholat hingga Dzikir Agar Mendapat Keberkahan

- 17 Januari 2024, 18:33 WIB
Ilustrasi. Amalan yang penting dilakukan saat bulan Rajab mulai dari sholat sunnah hingga dzikir agar mendapatkan keberkahan.
Ilustrasi. Amalan yang penting dilakukan saat bulan Rajab mulai dari sholat sunnah hingga dzikir agar mendapatkan keberkahan. /pexels.com/Alena Darmel/

MalangTerkini.com – Bulan Rajab tahun ini berdasarkan penanggalan hijriah tahun 1445 H dimulai pada tanggal 13 Januari 2024.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia dalam ajaran Islam, sebab merupakan salah satu bulan haram yang ada di dalam kalender Hijriah.

Bulan Rajab memiliki banyak prioritas dan keistimewaan yang akan sangat merugikan jika tidak mengisi dengan amalan-amalan yang disunahkan.

Umat Islam dihimbau untuk memperbanyak berbagai amalan yang dianjurkan dilakukan di bulan Rajab ini.

Baca Juga: Gus Iqdam: Ini Amalan Bulan Rajab Agar Rezeki Mengalir Terus Tiada Henti

Amalan Bulan Rajab

1. Sholat Sunnah

Bulan istimewa ini merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan kualitas sholat, termasuk memperbanyak sholat sunah.

Sholat Sunnah terdiri dari Sunah Rawatib, Duha, Istirahat, dan Sholat Akhir, tak hanya di bulan Rajab saja, Rasulullah mengajak kita umat Allah untuk rutin melaksanakan shalat Sunnah Rawatib.

2. Puasa Sunnah

Puasa yang dianjurkan tidak hanya pada bulan Ramadhan saja, namun juga pada bulan-bulan lain seperti bulan Rajab.

Tidak ada hari khusus untuk puasa di bulan Rajab, namun puasa sunnah seperti hari Senin dan Kamis atau puasa tiga hari (Ayyamul Bid) di pertengahan bulan Hijrah dapat dilakukan di bulan Rajab.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah