Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir: Tulisan Arab, Makna, dan Sanad

- 25 April 2024, 06:07 WIB
Tulisan Arab Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir
Tulisan Arab Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir /pexels/Sultan Basmallah/

MalangTerkini.com - Tradisi doa berbahasa arab yang berbunyi Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir sering kita dengar dalam suatu acara pernikahan, khususnya sesaat setelah pengantin pria mengucapkan ijab qobul. Namun, apa sebenarnya makna dan keutamaan dari doa ini?

Pernikahan, dalam Islam, bukan hanya sekadar ikatan antara dua insan, tetapi juga merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang bertujuan untuk meraih ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala serta untuk membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah (bahagia, penuh cinta, dan penuh kasih sayang) (QS. Ar-Rum: 21).

Tradisi memberikan kado terbaik kepada kedua mempelai memang sudah menjadi hal yang lazim. Namun, ada satu kado terindah yang seharusnya kita berikan kepada mereka, yaitu sebuah doa.

Ungkapan "Barakallahu Laka Wa Baarakaa Alaika Wa Jamaa Bainakumaa Fii Khoir" mengandung sebuah doa yang amat baik bagi kedua mempelai. Dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud dan Tirmidzi, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengucapkan doa tersebut kepada pasangan yang baru menikah:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

“Semoga Allah melimpahkan keberkahan bagimu ketika bahagia dan ketika susah serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Abu Daud, no. 2130; Tirmidzi, no. 1091. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Makna yang terkandung dalam doa ini sangatlah mendalam. Islam menginginkan agar pasangan suami istri terus menjaga keberkahan dalam rumah tangganya, tetap langgeng, dan bahagia selalu.

Keberkahan yang dimaksud bukanlah hanya sebatas kekayaan materi, namun juga terciptanya keharmonisan, saling menyayangi, dan mengasihi. Dengan menjalankan pernikahan sesuai tuntunan Islam, Allah akan melimpahkan keberkahan atas rumah tangga tersebut, yang akan mendatangkan kebaikan-kebaikan dalam berbagai aspek kehidupan.

Berdasarkan dalil ini, jelaslah bahwa Islam menginginkan agar pasangan suami istri senantiasa bahagia dan sejahtera dalam menjalani rumah tangga. Oleh karena itu, doa ini menjadi bukti dari harapan umat Islam untuk melihat kebahagiaan yang abadi dalam rumah tangga.

Halaman:

Editor: Amalia Citra Novianantya


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah