Siap-siap Pindah! 600 Pedagang Pasar Gadang ke Terminal Hamid Rusdi, Rencana Revitalisasi PIG Pemkot Malang

- 4 Mei 2024, 08:05 WIB
Sebanyak 600 Pedagang pasar Gadang siap-siap pindah ke Terminal Hamid Rusdi terkait rencana revitalisasi PIG Pemkot Malang.
Sebanyak 600 Pedagang pasar Gadang siap-siap pindah ke Terminal Hamid Rusdi terkait rencana revitalisasi PIG Pemkot Malang. /Instagram @dishubjatim/

MalangTerkini.com – Setidaknya ada 600 pedagang di Pasar Gadang rencananya akan direlokasi sementara ke Terminal Hamid Rusdi Kota Malang, sebagai salah satu rencana mewujudkan revitalisasi Pasar Induk Gadang (PIG).

Revitalisasi PIG yang terkatung-katung selama lebih dari 10 tahun ini akan diwujudkan oleh PJ Walikota Malang, Wahyu Hidayat dengan langkah awal melakukan relokasi para pedagang ke Terminal Hamid Rusdi sebagai tempat sementara hingga revitalisasi selesai.

Terkait hal tersebut pihak Pemkot meninjau terminal yang akan dijadikan penampungan pasar sementara bersama dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Dr. Nyono, S.T, M.T dan para Kepala OPD lingkungan Pemkot Malang.

Baca Juga: Pasar Gadang Kota Malang Akan Pindah Ke Mana? Ini Tempat Relokasi Sementara untuk Urai Kemacetan

Pasar Gadang Pindah Ke Terminal Hamid Rusdi

Dalam kunjungannya hari Rabu, 1 Mei 2025, PJ Walikota bersama dengan jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur berkeliling melihat-lihat kondisi terminal Hamid Rusdi yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono 11 Kecamatan Kedungkandang ini.

Pj Walikota Malang, Wahyu Hidayat mewacanakan memakai terminal tersebut sebagai tempat penampungan sementara jika Pasar Gadang direvitalisasi.

Diharapkan dengan pemindahan para pedagang ke tempat ini dapat menjadi solusi agar rencana revitalisasi PIG segera direalisasikan, sekaligus pihak Pemkot dan dishub Provinsi berharap dapat menghidupkan kembali Terminal Hamid Rusdi.

Terminal Hamid Rusdi yang luas, sarana prasarana mendukung dan tempat mampu menampung 600 pedagang yang kini mencari nafkah di Pasar Gadang dengan berbagai permasalahannya.

Terlebih lagi akhir-akhir ini pasar selalu tergenang air cukup tinggi jika hujan lebat, sehingga membuat pengunjung sangat tidak nyaman.

Belum lagi persoalan kemacetan yang selalu menjadi masalah sebab PIG ini berada di jalur tercepat dari daerah Gadang ke Kedungkandang.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah