Gerhana Matahari Cincin Api Bulan Oktober 2023 Dapat Dilihat di Indonesia? Ini Jadwal dan Cara Lihat

- 9 Oktober 2023, 07:03 WIB
Gerhana matahari cincin api akan terjadi di bulan Oktober 2023, ini jadwal dan cara melihatnya.
Gerhana matahari cincin api akan terjadi di bulan Oktober 2023, ini jadwal dan cara melihatnya. /science.nasa.gov/

MalangTerkini.com - Gerhana matahari cincin api yang akan terjadi pada 14 Oktober 2023 terlihat secara keseluruhan di beberapa wilayah.

Gerhana matahari cincin api ini mendapatkan julukan demikian sebab dari penampakan gerhana yang mirip dengan gerhana matahari total. Posisi Bulan berada pada titik terjauh orbitnya dari Bumi sehingga tidak dapat mengaburkan Matahari sepenuhnya.

Akibatnya, cahaya Matahari yang berapi-api tampak mengelilingi bayangan Bulan menciptakan apa yang disebut cincin cahaya itulah mengapa disebut gerhana matahari cincin api.

Jadwal Gerhana Cincin Api Terjadi

Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) dalam laman resminya mengumumkan bahwa pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023 akan terjadi gerhana.

Gerhana tersebut puncaknya akan bertahan selama 5 menit 17 detik yakni saat memasuki fase berbentuk cincin. Namun fase lengkapnya akan terlihat di beberapa bagian Amerika Serikat antara pukul 09.15 hingga 11.50 sesuai waktu setempat.

Namun NASA menilai fenomena tersebut tidak bisa diapresiasi oleh semua orang di semua wilayah karena bergantung pada banyak faktor, termasuk faktor cuaca dan lokasi pemantauan.

Untuk melihat seluruh tahapan gerhana matahari cincin, NASA mengatakan pengamat harus melihatnya dari suatu tempat di Bumi di mana Bulan tampak melewati pusat Matahari, yang merupakan jalur terjadinya gerhana.

Masih dalam laman resminya, NASA menjelaskan bahwa gerhana cincin akan melewati Amerika Utara, Tengah dan Selatan, ini akan terlihat pula di beberapa bagian Amerika Serikat, Meksiko, dan beberapa negara di Amerika Selatan dan Tengah.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x