Wisuda Tidak Wajib Digelar! Kepala Diknas Kota Malang Minta Serahkan pada Wali Murid Sepenuhnya

- 12 Mei 2024, 15:19 WIB
Ilustrasi: Pihak Diknas Kota Malang minta sekolah menyerahkan pada wali murid sebab wisuda tidak ada aturan wajib.
Ilustrasi: Pihak Diknas Kota Malang minta sekolah menyerahkan pada wali murid sebab wisuda tidak ada aturan wajib. /Pexels/Pavel Danilyuk/

MalangTerkini.com – Agenda sekolah setelah ujian diselenggarakan di akhir tahun ajaran, sebagian besar mengadakan acara wisuda bagi siswa yang dinyatakan lulus baik SD maupun SMP.

Dulu wisuda hanyalah bagi mahasiswa yang sudah merampungkan studinya dan berhasil meraih gelar sarjana saja, namun kini banyak sekali sekolah yang lulusan SD, SMP, SMA bahkan TK pun membuat acara wisuda.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diknas) Kota Malang menegaskan bahwa wisuda merupakan hal yang tidak wajib dilakukan, dan tidak boleh diselenggarakan oleh sekolah melainkan diserahkan keputusan seluruhnya kepada wali murid.

Baca Juga: Persiapan Datang ke Wisuda UB dan UM! Ini 5 Tempat Beli Buket Bunga di Malang, Bisa Mix Boneka hingga Uang

Wisuda Sekolah Tidak Wajib Digelar

Kepala Diknas Kota Malang, Suwarjana menjelaskan hal tersebut saat menghadiri peringatan Hardiknas, 2 Mei 2024 di Balai Kota. Pada dasarnya dirinya tak ingin ada permasalahan acap kali menjadi keluhan masyarakat ini muncul di lingkup yang dinaunginya.

Pesta kelulusan di jenjang SD dan SMP ini sifatnya tidak wajib sehingga boleh dilaksanakan namun juga tidak ada larangan serta anjuran untuk melakukannya dari Diknas.

“Terkait dengan wisuda, dari Dinas Pendidikan Kota Malang sendiri tidak melarang dan tidak menganjurkan untuk wisuda,” ucap Suwarjana.

Ia menjelaskan bahwa keputusan menggelar pesta kelulusan tesebut diserahkan sepenuhnya pada inisiatif dan penyelenggaraan yang digelar oleh wali murid. Tentunya setelah ada pertemuan dan rapat wali murid yang diwadahi dalam komite sekolah, sehingga tidak ada yang merasa memberatkan.

Pihak sekolah ditegaskan oleh Suwarjana tidak diperbolehkan untuk turut campur atas segala macam kegiatan penyelenggaraan wisuda tersebut, jadi semuanya yang menangai adalah Komite Sekolah dan wali murid.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah