SMKN 7 di Malang Ada Jurusan Apa Saja? Sekolah Kejuruan dengan 7 Program Keahlian Hasilkan Lulusan Mandiri

- 31 Mei 2024, 12:29 WIB
Jurusan yang ada di SMKN 7 Kota Malang.
Jurusan yang ada di SMKN 7 Kota Malang. /Instagram @skavela7/

MalangTerkini.com - SMKN 7 Malang merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan terkemuka di kota Malang yang menawarkan berbagai program pendidikan tinggi. Berfokus pada pendidikan vokasi, sekolah ini berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja di bidangnya masing-masing. Fasilitas modern yang beragam dan tim instruktur profesional menjadi keunggulan yang dibawa SMKN 7 Malang.

Sekolah ini tergolong baru, terbukti didirikan dan diresmikan pada tahun 2004 berdasarkan Surat Keputusan Walikota Nomor 142 Tahun 2004. Awalnya gedung SMK Negeri 7 Malang berada di Jalan Belitung No.1 Malang, berupa sebuah sekolah kejuruan kecil digabungkan dengan sekolah lain.

Hingga akhirnya SMKN 7 Malang ini pada tahun 2010 resmi memiliki gedung baru terletak di Jalan Satsui Tubun IV Malang, dengan mengangkat motto Wahana Sastra lan Makarya Ambukaning Kamandrian atau disingkat Wasamaningan. Sekolah kejuruan yang satu ini bertekad menjadi pusat pelatihan pengetahuan dan keterampilan untuk menumbuhkan karakter mandiri siswa agar siap bersaing di dunia kerja.

Baca Juga: SMK 6 Ada Ekskul Apa Saja? Intip Sekolah Negeri di Malang yang Punya Program Beasiswa Kuliah Vokasi di Jerman

Jika berencana untuk mendaftar di SMK Negeri ini, pendaftaran akan digelar di bulan Juni dan awal Juli 2024. Sementara pengambilan PIN dilaksanakan hingga tanggal 14 Juni 2024. Mengenai jurusan yang ditawarkan, sekolah ini memiliki beberapa jurusan khusus yang dapat dipilih berdasarkan bakat dan minat siswa.

Jurusan atau Program Keahlian di SMKN 7 Malang

1. Desain dan Produksi Busana (DPB), pada jurusan ini berfokus pada peminatan desain pakaian dan keterampilan produksi yang berkaitan dengan busana. Bagi calon peserta didik yang menyukai sketsa pakaian, menjahit, pecah pola dan sebagainya, maka jurusan inilah yang mewadahinya.

2. Kuliner (KUL), pada jurusan ini khusus mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan masak memasak hingga pengelolaan menjadi produk terbaik di bidang kuliner. Hidangan dan bentuk penyajian sampai dengan pengemasan dipelajari dengan detail pada jurusan tersebut.

3. Kimia Analitik (KA), program ini khusus untuk pendidikan yang ditempu selama empat tahun, menekankan pada kimia analitik. Bagi calon peserta didik yang menyukai penelitian, maka tempat ini sangatlah cocok sebagai pilihannya. Umumnya terkait dengan obat-obatan.

4. Analisis Pengujian Laboratorium (L), program ini khusus untuk mempelajari teknik dan metode pengujian laboratorium untuk mendapatkan kesimpulan akurat tentang segala unsur yang menyebabkan sesuatu terjadi.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah