Kapan Kegiatan MPLS SMA 2024? Ini Jadwal Masa Pengenalan Lingkungan hingga Waktu Masuk Sekolah

- 1 Juli 2024, 12:05 WIB
Ilustrasi. Jadwal MPLS SMA tahun 2024 sekaligus kapan masuk sekolah.
Ilustrasi. Jadwal MPLS SMA tahun 2024 sekaligus kapan masuk sekolah. /pexels.com/Fox/

MalangTerkini.com – Kegiatan MPLS di jenjang SMA tahun 2024 ini diselenggarakan termasuk dalam agenda program tahunan dan program semester setiap satuan pendidikan.

Dalam kalender sekolah juga dijelaskan bahwa kegiatan MPLS jenjang SMA di tahun 2024 ini digelar setelah selesai jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan sekaligus diumumkan siapa saja para siswa yang diterima.

Jadwal MPLS jenjang Sekolah Menengah Atas termasuk sekolah luar biasa, Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berdasarkan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan tingkat Provinsi masing-masing daerah.

Baca Juga: Snack Obat Artinya Apa dalam MPLS 2024? Teka Teki dalam Pengenalan Sekolah SMP dan SMA

Kegiatan MPLS dan Masuk Sekolah SMA

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ini digelar hampir serentak di seluruh Indonesia. Meskipun berbeda tanggal, namun sebagian besar digelar pada bulan Juli dan Agustus 2024. Kegiatan PPDB dan pengumuman terakhir diadakan pada bulan Juli, kegiatan berikutnya adalah para siswa baru masuk dalam pengenalan lingkungan sekolah masing-masing.

Para siswa yang diterima oleh masing-masing satuan pendidikan selanjutnya wajib mengikuti masa pengenalan sekolah. Di momen ini merupakan perjalanan penting bagi siswa baru diharapkan mereka akan mendapatkan pemahaman dan pemikiran baru tentang segala hal yang ada di SMA, MA, maupun jenjang SMK.

Sebagai generasi muda wajib mampu memupuk nilai positif yang diberikan di lingkungan sekolah dan mampu meningkatkan kreativitas, minat dan bakat semua siswa sehingga dapat lebih mengembangkan potensi yang mereka miliki sebelumnya.

Melalui MPLS diharapkan banyak hal yang dapat diterima oleh para peserta didik baru terutama terkait pemikiran yang lebih terbuka dan lebih berani berkreasi.

Jadwal MPLS SMA

Untuk siswa Sekolah Menengah Atas menurut Surat Edaran terkait kalender akademik yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dapat diketahui kapan masa orientasi sekolah ini dilaksanakan.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah