Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Ini 9 Kabupaten yang Jadi Calon Daerah Otonomi Baru

- 27 Mei 2024, 14:38 WIB
Salah satu ikon Jawa Barat yang akan alami pemekaran wilayah.
Salah satu ikon Jawa Barat yang akan alami pemekaran wilayah. /Pexels/handika sr/

MalangTerkini.com - Kabar pemekaran di Provinsi Jawa Barat kian santer terdengar. Bahkan belakangan telah beredar informasi bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyetujui usulan pemekaran dari 9 daerah yang diajukan sebagai Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB). Nantinya 9 daerah tersebut akan berbentuk kabupaten yang terdiri dari sejumlah kecamatan.

Bahkan beberapa daerah yang diajukan sebagai kabupaten baru tersebut disebut telah diusulkan sejak lama. Mengingat Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu wilayah dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi.

Berbanding terbalik dengan jumlah daerahnya yang hanya terbatas. Bagaimana tidak, dengan jumlah penduduk mencapai 49,94 juta berdasarkan data tahun 2020, provinsi ini hanya memiliki 27 kabupapaten/kota. Hal ini cukup berbeda dengan provinsi tetangganya yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berikut daftar 9 kabupaten yang menjadi Calon Daerah Otonomi Baru di Provinsi Jawa Barat.

1. Kabupaten Bogor Barat

Ada yang menyebut usulan membentuk Kabupaten Bogor Barat sudah ada sejak tahun 2000 berbarengan dengan Kabupaten Bandung Barat. Namun hingga kini wilayah tersebut masih dalam tahap rencana.

Nantinya kabupaten ini akan terdiri dari 14 kecamatan dengan 166 desa. Rencananya ibu kota kabupaten terletak di Kecamatan Cigudeg yang berjarak sekitar 40,2 kilometer dari ibu kota Kabupaten Bogor saat ini, Kecamatan Cibinong.

2. Kabupaten Bogor Timur

Awal kali rencana pembentukan daerah ini adalah tahun 2015 karena keluhan masyarakat. Usulan tersebut terus berproses hingga tahun 2019 telah diusulkan ke pihak Provinsi Jawa Barat. Akan dihuni sekitar 1,5 juta jiwa, kabupaten ini rencananya terdiri dari 7 kecamatan yakni Gunung Putri, Cileungsi, Klapanunggal, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, dan Tanjungsari. Dari total 7 kecamatan tersebut ada 75 desa yang akan menjadi bagian dari wilayah ini.

Calon ibu kota dari kabupaten pemekaran ini adalah Kecamatan Jonggol. Wilayah pemekaran dari Kabupaten Bogor ini berbatasan dengan Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok di sebelah utara, Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta di sisi timur, Kabupaten Cianjur di sebelah selatan, serta Kota Depok dan Kabupaten Bogor di area barat.

3. Kabupaten Sukabumi Utara

Tampaknya calon wilayah baru ini akan cukup besar karena dikabarkan menjadi penggabungan dari 21 kecamatan yang sebelumnya berada di Kabupaten Sukabumi. Dengan rencana ibu kota kabupaten berada di Kecamatan Cibadak.

4. Kabupaten Cianjur Selatan

Dengan pusat pemerintahan di Kecamatan Sindangbarang, kabupaten ini akan membawahi 14 kecamatan mulai Agrabinta, Campaka, Campaka Mulya, Cibinong, Cidaun, Cijati, Kadupandak, Leles, Naringgul, Pagelaran, Pasirkuda, Sindangbarang, Sukanagara, dan Takokak.

Halaman:

Editor: Nur Aini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah