Kebakaran di Lereng Gunung Panderman Kota Batu, Diduga Karena Tersambar Petir

- 21 November 2023, 22:37 WIB
Kebakaran di lereng Gunung Panderman
Kebakaran di lereng Gunung Panderman /instagram.com/bpbd.kotabatu/

MalangTerkini.com – Kebakaran kembali terjadi di kota Batu, bertempatan di RPH Oro-Oro Ombo yang ada di Lereng Gunung Panderman. Api berkobar sejak Selasa, 21 November 2023 mulai pukul 15.30 WIB.

Menurut BPBD Kota Batu kebakaran yang terjadi diduga disebabkan oleh sambaran petir yang mengenai pohon di lereng Gunung Panderman tersebut. Api kemudian merembet hingga ke puncak gunung.

Dengan ketinggian 2.045 meter diatas laut, puncak Gunung Panderman tersebut dilalap oleh si jago merah. Api membakar pohon cemara dan alang-alang yang ada di sekitar daerah tersebut.

Apalagi ditambah dengan kondisi yang kering sehingga membuat api dengan cepat menyebar semakin meluas. Pihak BPBD dan damkar diterjunkan untuk memadamkan api.

Namun, karena medan yang tidak dapat dijangkau, pemadaman ini dilakukan secara manual, hingga malam ini diketahui api belum padam. Pihak BPBD setempat kemudian mengkaji dan membuat sekat bakar.

Selain kaji cepat dan pembuatan sekat bakar. Pihak BPBD juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk menyelesaikan masalah kebakaran yang ada di Lereng Gunung Panderman tersebut.

Maka dari itu ada sejumlah pihak mulai dari BPBD Kota Batu, Perhutani KPH Malang, relawan hingga warga ikut terjun untuk mengatasi kebakaran ini.

Sayangnya api tersebut belum padam hingga artikel ini ditulis. Lantaran pihak BPBD menghentikan sementara pemadaman kebakaran karena medan yang tidak memungkinkan untuk malam hari.

Belum diketahui secara pasti berapa luas Kawasan yang terdampak dari kebakaran ini, namun tidak ada korban jiwa dari kejadian ini.

Halaman:

Editor: Rima Puspitasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah