Jembatan Kaca Bromo di Kawasan Wisata Probolinggo Desember 2023 Akan Dibuka, Amankah?

- 30 Oktober 2023, 08:05 WIB
Jembatan Kaca Bromo di Probolinggo rencana akan dibuka mulai bulan Desember 2023.
Jembatan Kaca Bromo di Probolinggo rencana akan dibuka mulai bulan Desember 2023. /Instagram/Informasi_wisatamalang/

MalangTerkini.com – Probolinggo memiliki Jembata Kaca Bromo yang sudah selesai pengerjaannya dan akan dibuka pada bulan Desember 2023 mendatang.

Proses akan dibukanya Jembatan Kaca Bromo ini menuai kekhawatiran banyak pihak menyusul tragedi jembatan kaca di Banyumas yang menelan korban beberapa waktu yang lalu.

Keamanan Jembatan Kaca Bromo ini pun dipertanyakan apakah telah lulus uji untuk standar keamanannya atau belum.

Pemkab Probolinggo Jamin Keamanan Jembatan Kaca Bromo

Seperti dikutip dari akun Instagram Informasi_wisatamalang yang diunggah pada 30 Oktober 2023 menyebutkan bahwa Hasyim Ashari, Asisten II Pemkab Probolinggo beberapa waktu yang lalu memberikan penjelasan tentang jembatan ini.

Jembatan kaca yang terletak di Seruni Point, Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo ini memiliki konstruksi yang jauh berbeda dengan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Menurutnya, bahan yang dibuat pun sangat jauh berbeda, dengan proses pembuatan yang berbeda pula sehingga membuat kualitas yang dihasilkan pun jauh berbeda. Jembatan ini memiliki ketebalan 25 mm, sementara di Banyumas hanya 1,25 saja ketebalannya.

Jenis kaca laminasi berbahan dengan perkuatan Sentry Glas Plus yakni perpaduan dua kaca atau bahkan lebih yang direkatkan dengan memakai lapisan interlayer beberapa lapis berupa SGP.

Jembatan Kaca Bromo Dibuka Desember 2023

Jembatan yang saat ini masih belum dibuka ini diyakinkan bahwa aman untuk dilewati para wisatawan dan dapat menampung kapasitas 100 orang. Namun pembatasannya akan boleh dilewati 30 orang saja dengan durasi waktu telah ditentukan sedemikian rupa untuk keamanannya.

Hasyim menambahkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir, terkait konstruksi jembatan kaca yang ada di Probolinggo ini sangat baik.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x