Tangerang Lentera Festival Batal Digelar, Penonton Rusuh Rugikan Vendor Ratusan Juta

- 24 Juni 2024, 15:49 WIB
Kerusuhan akibat batalnya Tangerang Lentera Festival.
Kerusuhan akibat batalnya Tangerang Lentera Festival. /Instagram/@memomedsos/

MalangTerkini.com - Konser musik Tangerang Lentera Festival batal digelar dan mengakibatkan penonton rusuh hingga merugikan vendor sampai ratusan juta. Konser yang seharusnya digelar pada Minggu, 23 Juni 2024 tersebut tiba-tiba batal tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Tak hanya penonton yang sudah memadati lokasi konser, semua peralatan konser mulai panggung, lighting, sound, hingga alat musik juga sudah siap digunakan.

Rencana awalnya, gelaran konser ini akan mengundang beberapa musisi koplo ternama mulai NDX AKA, Guyon Waton, dan Feel Koplo. Dua grup musik lain yang juga dijanjikan tampil adalah Crime Total dan Derin.

Baca Juga: Konser Gagal, Refund Tak Ada Kejelasan, Netizen dan Influencer di Malang Keluhkan Kerugian

Kronologi peristiwa

Konser musik berujung kerusuhan ini bermula dari keterlambatan acara yang awalnya dijadwalkan mulai jam 19.00 WIB tak kunjung digelar. Hingga pukul 19.30 WIB konser tersebut tidak segera dimulai ditambah ketiadaan seorang pun panitia di lokasi konser.

Ketidakjelasan itu, memicu kemarahan penonton sehingga beberapa orang mulai memprotes kepada vendor yang saat itu berada di lokasi. Vendor pun mengaku tidak tahu apa apa karena pihaknya juga belum dibayar penuh oleh pelaksana acara.

Ternyata kemarahan tersebut tak hanya berhenti di situ, karena sebagian orang mulai merusak hingga membakar beberapa alat milik vendor. Dalam video yang beredar, tampak kerusuhan tak terkendali dan pihak vendor kesulitan menghentikan amarah penonton.

Penyebab peristiwa

Batalnya konser di Lapangan Sepak Bola Pasar Kemis Kabupaten Tangerang tersebut terjadi lantaran sang ketua pelaksana diduga membawa kabur uang hasil penjualan tiket dan tidak membayarkan kewajibannya kepada guest star dan vendor.

Sore hari sekitar pukul 16.00 WIB tanggal 23 Juni 2024, Guyon Waton memposting unggahan Instagram kolaborasi bersama NDX AKA. Dalam postingan tersebut band asal Yogyakarta itu mengunggah Surat Pernyataan yang ditandatangani ketua pelaksana dan disaksikan masing masing 2 pihak dari Guyon Waton dan NDX AKA.

Surat Pernyataan dengan 3 materai nominal Rp10.000 tersebut menyatakan bahwa ketua pelaksana sanggup menyelesaikan kekurangan administrasi untuk kedua grup sebelum jam 18.00 WIB di hari yang sama.

Halaman:

Editor: Nur Aini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah