Playgound Belakang TMP Suropati Malang Disulap Jadi Pasar Rakyat Modern dan Market Place, Dianggarkan Rp100 Mi

- 29 Mei 2024, 07:00 WIB
Bekas Playground di belakang TMP Suropati kota Malang segera disulap menjadi pasar rakyat modern sekaligus sebagai market place dengan anggaran 100 miliar.
Bekas Playground di belakang TMP Suropati kota Malang segera disulap menjadi pasar rakyat modern sekaligus sebagai market place dengan anggaran 100 miliar. /Instagram @vyfivy/

MalangTerkini.com – Pemerintah Kota Malang berencana akan menyulap bekas Playground yang berada di belakang Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Malang, menjadi pasar rakyat modern dan lengkap sebagai market place.

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (DIskopindag) didapuk Pemkot Malang untuk menjalankan rencana mengubah lahan bekas Playground yang berada di Jalan Cianjur Kecamatan Klojen ini menjadi sebuah Pasar Rakyat modern. Tempat ini sudah tidak beroperasi sejak tahun 2019 atau saat pandemi Covid-19.

Awalnya Playground yang berada di belakang TMP Suropati kota Malang ini menjadi arena rekreasi berenang yang cukup ramai dipadati pengunjung saat weekend atau liburan. Namun tempat rekreasi yang dibuka sejak tahun 2004 ini pada akhir tahun 2019 terpaksa ditutup karena pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Baca Juga: Kangen dengan Jajan Pasar? Cek 5 Lokasi Berburu Kue Tradisional di Malang, Ada yang Bisa Dipesan untuk Tumpeng

Setelah pandemi berakhir, Playground sudah tidak bisa beroperasi lagi dan terbengkalai hingga saat ini. Nantinya tempat ini khusus untuk menampung kegiatan UMKM kota Malang sebagai hilirasi ekonomi mikro.

Lahan Eks Playground untuk Pasar Rakyat UMKM Malang

Perubahan lahan yang sudah terbengkalai sejak 5 tahun lalu ini akan dilakukan oleh Pemkot Malang dan pihak ketiga dengan konsep pasar rakyat. Harapan ini seperti disampaikan Eko Sri Yuliadi kepada awak media pada hari Selasa, 28 Mei 2024 di kota Malang.

Hilirisasi ekonomi mikro menjadi salah satu tujuan dari pembangunan Pasar Rakyat ini sehingga produk langsung datang dari petani, ada proses pengemasan hingga layak jual di tempat itu pula. Pasar yang rencananya akan diberi nama Pasar Rakyat UMKM Ngalam ini akan mengusung 2 unsur yakni fresh market dan market place.

Fresh market menyediakan produk-produk segera dengan kualitas tinggi langsung dari para petani atau pelaku UMKM yang ada di Kota Malang. Sekaligus menjadi market place sehingga produk tersebut dapat ditawarkan sekaligus diperjualbelikan, dengan tujuan mulai dari tahap produksi hingga penjualan ada di sini.

Berbeda dengan pasar tradisional, pasar rakyat ini lebih mengarah pada sistem yang menuju pada manajemen modern. Dengan berdirinya pasar ini nantinya diharapkan mampu menyerap ribuan tenaga kerja, terutama warga Malang sendiri.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah