Seragam Baru Jukir, Dishub Rilis Pakaian Resmi Juru Parkir Area Kota Malang Bewarna Pink

- 27 Mei 2024, 07:00 WIB
Dinas Perhubungan (Dishub) merilis pakaian resmi Juru Parkir (Jukir) yang menjadi seragam area Kota Malang berwarna pink.
Dinas Perhubungan (Dishub) merilis pakaian resmi Juru Parkir (Jukir) yang menjadi seragam area Kota Malang berwarna pink. /Instagram @pantau.malang/

MalangTerkini.com – Dinas Perhubungan (Dishub) telah merilis pakaian resmi untuk Juru Parkir di area Kota Malang. Warna pakaian kini berbeda dengan sebelumnya yang berwarna orange, sekarang seragam tersebut berwarna pink.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang telah merilis seragam baru yang diberikan pada juru parkir di kawasan Kayutangan Heritage pada Rabu siang, 22 Mei 2024. Ini termasuk salah satu langkah mewujudkan penataan parkir di daerah ini yang akan menjadi wilayah percontohan parkir non tunai.

Para pengguna parkir di wilayah Kampung Heritage ini tidak akan ditarik parkir secara tunai, melainkan menggunakan kode QRIS yang dapat dibayarkan melalui mbanking maupun dari bisa dari e-money lainnya seperti Dana, Shopee, dan Ovo. Alat scanning pun nanti akan dibawa oleh para juru parkir yang sedang bertugas.

Baca Juga: Jukir Kayutangan Pulang Tak Bawa Uang! Pembayaran Pakai QRIS, Juru Parkir Terima Gaji dari Pemkot Malang

Seragam Juru Parkir di Malang Kota

Dinas Perhubungan memberikan sosialisasi sekaligus membagikan seragam kepada Jukir resmi yang sudah terdaftar namanya di dalam daftar dishub. Seperangkat peralatan yang akan diperoleh jukir antara lain seragam rompi, celana, peluit, topi, jas hujan hingga payung.

Cara mengenali jukir dengan pembayaran sistem online ini pun nantinya akan mudah sekali, sebab warna seragamnya adalah pink dengan saku berwarna biru. Peluit ada tempatnya yang tersandar di Pundak, memakai topi berwarna kombinasi biru tua dan pink. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan jas hujan berwarna kuning dan payung.

Pemilihan warna pink dengan maksud memberikan kesan ramah dan kelembutan ini seperti pada kota Batam yang baru-baru ini merilis seragam tersebut. Bentuk dan warnanya pun serupa mulai dari topi, rompi, logo dinas perhubungan hingga celana dan model yang dikeluarkannya pun sama.

Seragam Baru Jadi Upaya Hilangkan Parkir Liar

Penentuan seragam baru ini menjadi salah satu upaya dari Dinas Perhubungan untuk melakukan penertiban parkir dan menghapuskan praktik parkir liar yang selama ini merajalela di kota Malang.

Kota yang berjuluk kota parkir tersebut memang akhir-akhir ini semakin marak saja keluhan-keluhan yang muncul dari warga terkait banyaknya tempat yang seharusnya gratis, justru harus bayar parkir.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah