Gunung Ruang Meletus Kembali, PVMBG Kembali Naikkan Status Jadi ‘Awas’ dan Berpotensi Tsunami

- 30 April 2024, 19:00 WIB
Gunung Ruang di Sulawesi Utara kembali meletus, pihak PVMBG kembali menaikkan status menjadi awas dan berpotensi terjadi Tsunami.
Gunung Ruang di Sulawesi Utara kembali meletus, pihak PVMBG kembali menaikkan status menjadi awas dan berpotensi terjadi Tsunami. /X @infomitigasi/

Malangterkini.com – Gunung Ruang merupakan gunung strato yang berada di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara kembali meletus pada hari Selasa dini hari, 30 April 2024 pukul 01.30 WTA.

Bahkan kolom erupsi mencapai ketinggian 2.000 meter dari atas puncak terjadi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status menjadi Awas sejak hari Kamis, 18 April 2024 lalu.

Dilaporkan bahwa erupsi Gunung Ruang ini terekam dalam seismograf dengan dengan amplitudo maksimum 55 mm serta dalam durasi 600 detik. Tinggi kolom abu semakin bertambah hingga lebih dari 5.000 meter di atas puncak.

Baca Juga: Gunung Ruang di Mana? Erupsi Eksplosif Sebabkan Peringatan Tsunami dan Penerbangan di Manado Ditutup

Gunung Ruang Meletus, Masyarakat Mengungsi Kembali

Dilansir dari X @BPNB_Indonesia, letusan berulang kali terjadi pada gunung berapi ini menyebabkan masyarakat diminta untuk mengungsi bagi yang berada di radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Masyarakat yang dimaksud ini terutama bermukim di Pulau Tagulandang dengan jarak dekat sebab masuk radius 6 kilometer dari puncak.

Mereka telah diminta untuk pindah ke tempat yang lebih aman untuk menghindari potensi luruhan awan panas hingga potensi tsunami akibat reruntuhan tubuh gunung menuju ke dalam laut.

"Masyarakat di Pulau Tagulandang khususnya yang bermukim dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut," tulis PVMBG.

Akibat dari letusan Gunung Ruang ini Bandara Djalaluddin Gorontalo ditutup, tidak melayani penerbangan sama sekali hingga tanggal 1 Mei 2024. Sementara Bandara Sam Ratulangi Manado sudah lebih dulu ditutup menyebabkan sebanyak 38 penerbangan ditunda.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah