Gunung Ruang di Mana? Erupsi Eksplosif Sebabkan Peringatan Tsunami dan Penerbangan di Manado Ditutup

- 18 April 2024, 06:00 WIB
Gunung Ruang di Pulau Tagulandang meletus dengan erupsi eksplosif menyebabkan waspada tsunami hingga penutupan penerbangan di Manado.
Gunung Ruang di Pulau Tagulandang meletus dengan erupsi eksplosif menyebabkan waspada tsunami hingga penutupan penerbangan di Manado. /X @infomitigasi/

MalangTerkini.com – Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami serangkaian erupsi eksplosif pada hari Rabu, 17 April 2024 disertai awan panas.

Pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak pukul 21.00 WIB sudah mengumumkan peringatan tsunami terkait erupsi eksplosif pada gunung yang berada di Pulau Tagulandang ini.

Pengungsi sebanyak 828 di pulau tersebut juga dilakukan evakuasi secara mandiri ke tempat yang lebih aman pasca serangkaian letusan tersebut.

Baca Juga: Erupsi Gunung Marapi, 11 Pendaki Dilaporkan Meninggal Dunia, 12 Orang dalam Pencarian

Gunung Ruang Meletus Status Awas dan Waspada Tsunami

Dari Mitigasi bencana, Hendra Gunawan, Kepala PVMBG menyampaikan keterangannya di Jakarta menyebutkan bahwa masyarakat yang berada di Pulau Tagulandang, terkhusus yang tinggal di dekat pantai wajib waspada dengan potensi batu pijar, luruhan awan panas hingga tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api tersebut ke dalam laut.

"Masyarakat di Pulau Tagulandang khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut," kata Hendra Gunawan.

Selama tanggal 17 April 2024 sendiri gunung tersebut telah terjadi 5 kali erupsi eksplosif dengan ketinggian mulai dari 1.800 meter hingga 3.000 meter dari puncak gunung. Erupsi tersebut menyebabkan suara gemuruh, kilatan petir vulkanik hingga gempa.

Tercatat pula sejak tanggal 1 April 2024 lalu sudah terjadi gempa sebanyak 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 569 kali gempa vulkanik dangkal, 167 kali gempa tektonik jauh serta 6 kali gempa tektonik lokal.

Lokasi Gunung Ruang

Gunung ini memiliki tipe Stratovulcano yang menjulang dengan tinggi 725 meter di atas permukaan laut dari batas pantai. Gunung ini membentuk satu pulau sendiri sehingga terpisah dengan pulau-pulau lainnya.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah