Erupsi Gunung Marapi, 11 Pendaki Dilaporkan Meninggal Dunia, 12 Orang dalam Pencarian

- 4 Desember 2023, 13:01 WIB
Terjadi erupsi gunung Marapi di Sumbar ada 11 pendaki dilaporkan meninggal dunia, 12 orang pendaki masih dalam pencarian.
Terjadi erupsi gunung Marapi di Sumbar ada 11 pendaki dilaporkan meninggal dunia, 12 orang pendaki masih dalam pencarian. /Instagram/bpbd.kotabukittinggi/

MalangTerkini.com – Erupsi terjadi pada Gunung Marapi pada 3 Desember 2023, pukul 14.54 WIB. Saat peristiwa itu terjadi tersebut ada 75 orang pendaki sedang berada di wilayah tersebut.

Erupsi pada Gunung Marapi, Sumatera Barat dilaporkan informasi terbaru ada 11 pendaki meninggal dunia dan sisa pendaki ada 12 orang masih dalam pencarian

Hingga saat ini masih terus dilakukan pencarian korban erupsi Gunun Marapi dan proses pencarian masih terus diupdate.

Kronologi Erupsi Gunung Marapi

Erupsi gunung Marapi di Sumatera Barat terjadi pada tanggal 3 Desember pukul 14.54 WIB disertai aliran awan panas ke arah utara dengan jarak luncur sejauh 3 kilometer.

Erupsi susulan masih terus berlangsung melalui pengamatan instrumental PVMBG tidak didahului dengan gempa terlebih dahulu.

Tercatat dalam Gempa Vulkanik-Dalam hanya ada 3 kali gempa dalam periode waktu 16 November 2023 hingga 2 Desember 2023.

Ini berarti ada proses erupsi dengan pola mendatar sehingga berlangsung sangat cepat dan pusat tekanan dalam kedalaman dangkal, sekitar puncak. Kini aktivitas gunung Marapi ebrada di level II atau waspada.

Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar

Dikutip dari Instastory @bpbd.kotabukittinggi, disebutkan bahwa Abdul Malik, Kepala Kantor SAR Padang (Basarnas) mengatakan bahwa ada 11 orang pendaki Gunung Marapi dilaporkan meninggal dunia.

Laporan sampai dengan pukul 07.10 WIB dari Kabupaten Agam dan Kabupaten jumlah pendaki yang survive 14 orang. Para pendaki yang terdaftar di posko sejumlah 75 orang dan ada 49 orang terevakuasi dengan selamat.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x