Lakukan Pungli KTP di Kabupaten Malang, 1 Oknum Honorer Dispenduk Terciduk Saat OTT

- 25 Mei 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi. Oknum honorer Dispenduk Kabupaten Malang terciduk melakukan pungli KTP saat OTT dilakukan oleh Tim Saber Pungli.
Ilustrasi. Oknum honorer Dispenduk Kabupaten Malang terciduk melakukan pungli KTP saat OTT dilakukan oleh Tim Saber Pungli. /Instagram @disdukcapilkotamalang/

MalangTerkini.com – Seorang oknum petugas honorer dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk) Kabupaten Malang ditangkap oleh Tim Saber Pungli terkait pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Tim Saber Pungli berhasil mengamankan seorang petugas honorer Dispenduk Capil Kabupaten Malang dan seorang calo saat pengurusan KTP. Satu orang dikenai biaya Rp150 ribu maka kartu identitas itu pun segera selesai.

Kronologi OTT kepada petugas honorer Dispenduk Capil Kabupaten Malang ini dijelaskan oleh AKP Gandha Syah Hidayat selaku Kasatreskrim Polres Malang.

Baca Juga: Cara Cari Nama Penerima Bansos di Daftar DTKS Kemensos Go Id, Pakai NIK KTP Sendiri

Kronologi Honorer Dispenduk Kabupaten Malang Terjaring OTT

AKP Gandha Syah Hidayat, Kasatreskrim Polres Malang menjelaskan kepada awak media hari Jumat, 24 Mei 2024 perihal kronologi karyawan honorer Dispenduk Kabupaten Malang yang terjaring OTT oleh Tim Saber Pungli.

AKP Gandha Syah Hidayat membenarkan adanya operasi tangan tersebut hingga seorang tenaga honorer Dispenduk dan seorang calo yang sama-sama berinisial D diamankan oleh petugas.

Operasi Tangkap Tangan ini sendiri berawal dari informasi masyarakat tentang adanya keharusan membayar biaya Rp150 ribu dalam pengurusan KTP. Oknum petugas menjanjikan dengan membayar biaya tersebut maka pengurusan KTP akan selesai dalam waktu relatif cepat.

Pegawai honorer tersebut menangani permohonan KTP sementara terhubung dengan seorang calo yang bertugas mencari sasaran. Awalnya yang berhasil diringkus adalah calo tersebut di daerah Lawang, setelah melakukan serangkaian penyidikan dan dikembangkan ternyata calo ini bekerja sama dengan seorang pegawai honorer di Dispenduk Capil.

Masih dalam penjelasannya, AKP Gandha Syah Hidayat mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan kedua terduga pelaku berinisial D ini sudah melancarkan aksinya sejak 1 bulan lalu. Kemudian operasi OTT oleh Tim Saber Pungli dilakukan pada tanggal 10 Mei 2024. Pihak berwajib mengamankan ratusan KTP elektronik lengkap dengan alat mencetak dokumen KTP yang ada di tangan terduga pelaku.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah