Waspada! Maba atau Peserta UTBK di Malang Modus Penipuan Mulai Jual Tape hingga Dorong Motor Kehabisan Bensin

- 6 Mei 2024, 17:04 WIB
Untuk Maba atau peserta UTBK yang baru di Malang waspada modus penipuan mulai jual tape hingga dorong motor kehabisan bensin.
Untuk Maba atau peserta UTBK yang baru di Malang waspada modus penipuan mulai jual tape hingga dorong motor kehabisan bensin. /X @Estehthebest/

MalangTerkini.com – Berbagai modus penipuan marak terjadi di Kota Malang wajib diwaspadai terutama bagi para Mahasiswa Baru (Maba) ataupun peserta UTBK yang baru saja tiba di kota pelajar ini.

Berbagai penipuan dengan aneka macam trik patut diwaspadai oleh Maba atau para peserta UTBK yang melaksanakan tes di lingkungan kampus seperti daerah Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Polinema dan sekitarnya.

Modus yang dilancarkan pun beraneka ragam sehingga bagi para pendatang harus benar-benar waspada dengan apa yang sedang terjadi di sekelilingnya.

Baca Juga: Rekomendasi Bimbel di Malang untuk Persiapan Masuk Perguruan Tinggi, Agar Lolos UTBK dan SNBT

Modus Penipuan Terpopuler, Sasaran Maba atau Peserta UTBK

Dilansir dari akun X @estehthebest, ia menceritakan baru saja menjadi korban penipuan yang terjadi di depan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 4 Mei 2024 saat ia selesai menjalani test perguruan tinggi, UTBK. Saat itu ia menunggu ojek online datang menjemputnya, namun tiba-tiba dirinya didekati oleh seorang bapak-bapak penjual tape.

Awalnya pria tua itu mengajaknya bicara dan mengeluh bahwa dirinya sekarang sedang sakit dan dia minta agar pemilik akun ini membeli tapenya. Tapi harga yang ditawarkan sungguh jauh mahal dari harga pasar, satu plastik dijual dengan harga Rp40.000.

Pemilik akun ini pun membelinya, namun ternyata tak berhenti di sini saja, ia minta uangnya dilebihi kemudian minta tolong dipesankan ojek online ke daerah Kebonsari.

Ada banyak modus penipuan sebenarnya sudah bertahun-tahun terjadi di kota Malang, sasarannya adalah para Maba ataupun peserta UTBK yang belum mengenal kota ini dengan baik.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah