Kronologi Angin Kencang di Malang Menurut BPBD: Korban Luka Pengendara Motor hingga Linmas Kiduldalem

- 13 Maret 2024, 09:05 WIB
Kronologi peristiwa angin kencang di kota Malang menurut BPBD menimbulkan korban luka ringan dari pengendara motor hingga Linmas Kiduldalem.
Kronologi peristiwa angin kencang di kota Malang menurut BPBD menimbulkan korban luka ringan dari pengendara motor hingga Linmas Kiduldalem. /MalangTerkini/Ratna Dwi Mayasari/

MalangTerkini.com – Kronologi angin kencang yang terjadi di kota Malang dilaporkan oleh pihak Pusdalops BPBD ada korban luka ringan pengendara motor hingga Linmas Kiduldalem.

Angin kencang terjadi sejak Selasa siang, 12 Maret 2024 ini menyebabkan berbagai kerusakan seperti yang disebutkan oleh Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pudalops PB) BPBD di Kota Malang.

Cuaca ekstrim berupa angin kencang yang melanda kota Malang berupa pohon tumbang dan batang hingga dahan patah mengenai beberapa pengendara motor dan linmas Kiduldalem mejadi korban luka ringan.

Baca Juga: Angin Kencang di Malang: Banyak Pohon Besar Tumbang Menutup Akses Jalan, Ternyata Ini Sebabnya

Kronologi Angin Kencang di Kota Malang

Menurut laporan Pusdalops BPBD Kota Malang dalam pesan berantai menyebutkan bahwa pada hari Selasa, 12 Maret 2024 teradi cuaca ekstrim sejak Selasa pagi pukul 10.00 WIB. Menurut pengamatan weather station BPBD menunjukkan kecepatan angin maksimal tercatat hingga 53 km/jam.

Kondisi tersebut menyebabkan pohon tumbang pada 11 titik, pemantauan mulai pagi hingga pukul 20.00 WIB tadi malam. Pusdalops segera meneruskan pada Tim Reaksi Cepat dan Kajian Cepat untuk melakukan asesmen dan evakuasi.

Dilaporkan saat kejadian tersebut kondisi cuaca berawan disertai angin kencang dan beberapa kali hujan ringan di beberapa titik.

Terjadi berbagai kerusakan seperti di Jalan Zaenal Zakse sebatang dahan pohon Kecrutan sepanjang 5 meter dengan diameter 25 cm tumbang menimpa kabel provider, di Jalan Delima pohon palem setinggi 6 meter diameter 50 cm menutupi sebagian ruas jalan.

Jalan Cucakrawa, Sukun pohon berjenis kecrutan tumbang setinggi 8 meter dan diameter 45 cm menutupi sebagian ruas jalan, kini sudah dipinggirkan warga sekitar menunggu evakuasi.

Sementara di Jalan Raya Langsep Kota Malang batang pohon sepanjang 8,5 meter berdiameter 45 cm roboh, begitu pula pohon berjenis Kecrutan di Jalan Simpang raya Langsep depan SDN Pisang Candi I setinggi 10 meter dan diameter 45 cm tumbang.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah