Kapan Lebaran Idul Adha 2024? Hasil Sidang Isbat Hari Raya Kurban Versi Muhammadiyah, NU dan Pemerintah Sama

- 8 Juni 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi.Lebaran Idul Adha 2024 kali ini dirayakan secara bersama-sama antara Muhammadiyah, NU dan Pemerintah.
Ilustrasi.Lebaran Idul Adha 2024 kali ini dirayakan secara bersama-sama antara Muhammadiyah, NU dan Pemerintah. /Pexels/Afta Putta Gunawan/

MalangTerkini.com – Tanggal tepatnya lebaran Idul Adha tahun 2024 kali ini sudah diputuskan oleh Kementerian Agama RI setelah sidang Isbat yang digelar pada hari Jumat, 7 Juni 2024 di Kantor Kementerian Agama Jakarta Pusat.

Pihak kementerian Agama RI memutuskan 1 Zulhijah jatuh pada tanggal 8 Juni 2024 sehingga lebaran Idul Adha 10 Zulhijah 1445 akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2024, Ini disampaikan oleh Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat pejelasannya pada awak media.

Dalam penentuan kapan lebaran Idul Adha 2024 ini, keputusan Kemenag didasarkan pada hasil pantauan hilal yang digelar dari 114 titik seluruh Indonesia. Sesuai dengan kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), dapat dilihat bahwa hilal sudah memiliki ketinggian minimal 3 derajat serta elongasinya minimal 6,4 derajat.

Baca Juga: Daging Kurban Dicuci atau Tidak? Ini Cara Mengolah dan Menyimpan yang Benar

Lebaran Idul Adha 2024 Serentak

Hasil keputusan dair pemerintah ternyata sama dengan keputusan yang ditelar oleh Muhammadiyah sbeelumnya, saat menetapkan bahwa 1 Zulhijjah 1444 H tepat pada tanggal 8 Juni 2024. Jadi lebaran Idul Adha kali ini sama-sama digelar pada tanggal 17 Juni 2024.

Muhammadiyah yang memakai perhitungan hisap hakiki wujudul hilal ini dihitung dari konjungsi bulan sebelum matahari terbenam, matahari terbenam lebih dulu dari bulan serta ketika matahari terbenam.

Perayaan lebaran ini menjadi momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam baik yang sedang mengerjakan ibadah haji maupun yang mengikuti hari raya kurban. Bulan ini juga adalah waktunya untuk ibadah puasa Arofah.

Setelah penetapan lebaran kurban oleh pemerintah yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024, maka ditetapkan pula bahwa pada hari berikutnya yaitu 18 Juni 2024 merupakan cuti bersama.

Perhitungan ini sama dengan kalender nasional yang telah ditetapkan sejak awal tahun lalu, bahwa tanggal 17 Juni di tahun ini ditetapkan sebagai hari libur nasional, waktunya lebaran Idul Adha yang dirayakan oleh seluruh umat muslim.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah