Harga Kambing Kurban 2024 di Malang Turun, Imbas Bersamaan dengan Pendaftaran Sekolah

- 15 Juni 2024, 06:00 WIB
Harga kambing kurban tahun ini di Malang Raya mengalami penurunan.
Harga kambing kurban tahun ini di Malang Raya mengalami penurunan. /MalangTerkini.com/Ratna Dwi Mayasari/

MalangTerkini.com – Para pedagang kambing kurban mengeluhkan lesunya penjualan dan harga ternak yang mengalami penurunan di daerah Malang Raya. Ini diduga merupakan imbas momen bersamaan dengan pendaftaran masuk sekolah.

Masyarakat daerah Malang Raya dihadapkan pada momen yang bersamaan yakni Idul Adha dan pendaftaran masuk sekolah. Ini yang menjadi salah satu penyebab turunnya harga kambing kurban tahun 2024 sekaligus lesunya pembeli.

Penurunan cukup signifikan dirasakan oleh para pedagang kambing kurban di Malang Raya bahkan jelang hari H saat perayaan Idul Adha 1445 H. Pada tahun-tahun sebelumnya jelang hari H harga hewan kurban mengalami kenaikan, namun sepertinya tidak untuk tahun ini.

Baca Juga: Kapan Lebaran Idul Adha 2024? Hasil Sidang Isbat Hari Raya Kurban Versi Muhammadiyah, NU dan Pemerintah Sama

Idul Adha 2024 Bersamaan dengan Pendaftaran Sekolah

PPDB tahun 2024 dimulai pada bulan Juni 2024 bertepatan dengan perayaan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

Persiapan sedianya untuk pembelian kambing kurban pun masyarakat harus menghitung-hitung kembali dengan pembelian baju seragam dan daftar ulang untuk mendaftarkan anak-anaknya ke sekolah baru.

Biaya pendaftaran ke sekolah baru dan harga kambing kurban ataupun patungan sapi yang relatif sama menjadi salah satu faktor penyebab lesunya perdagangan hewan kurban saat Idul Adha tahun ini.

Salah satunya seperti dikeluhkan oleh Farhan, pedagang yang berada di dekat Gor Ken Arok kota Malang pada hari Jumat, 14 Juni 2024. Disebutkan bahwa tahun ini sangat terasa penurunannya jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Menjelang pelaksanaan Idul Adha biasanya harga kambing kurban naik, tapi tahun ini sepertinya turun, daripada harus membawa pulang kembali kambing-kambing ini,” ucap Farhan.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah