Menarik! Wisata Sejarah di Kota Malang, Jadi Destinasi Cocok untuk Pelajar dan Keluarga Saat Berlibur

- 11 Juni 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi. Rekomendasi wisata sejarah di kota Malang.
Ilustrasi. Rekomendasi wisata sejarah di kota Malang. /cctv.malangkota.go.id/

MalangTerkini.com – Wisata sejarah di Malang mampu menawarkan pengalaman mendalam dan mendidik bagi pengunjung segala usia. Salah satu kota di Jawa Timur ini, menyimpan khazanah sejarah yang tak ternilai harganya.

Kota Malang dapat menghadirkan wisata sejarah sebab menyimpan banyak peninggalan masa penjajahan Belanda yang masih terpelihara dengan baik. Bangunan kuno dengan arsitektur khas Eropa memberikan karakter nostalgia pada kota ini.

Tak hanya punya peninggalan kolonial, Malang juga menampilkan deretan tempat wisata sejarah dengan banyak situs bersejarah dari berbagai masa kerajaan. Candi Badut dan Candi Singosari merupakan dua contoh candi yang menjadi saksi bisu kejayaan kerajaan kuno Jawa Timur. Kedua candi ini menggambarkan kemegahan dan spiritualitas masyarakat saat itu.

Baca Juga: Liburan ke Malang Kemana Saja? Rekomendasi Wisata Mulai Pagi sampai Malam untuk Kunjungan 1 Hari

Kota Malang juga memiliki banyak monumen dan situs peringatanpenting. Selain bangunan bersejarah Monumen Tugu dan Trunojoyo merupakan simbol perjuangan rakyat Malang untuk kemerdekaan Indonesia. Mengunjungi tempat-tempat ini tidak hanya memberikan wawasan sejarah tetapi juga menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air.

Wisata Sejarah di Kota Malang

1. Candi Singosari

Destinasi wisata sejarah di Malang pertama adalah Candi Singosari, yang berada di bagian utara kota ini, menjadi salah satu bangunan tertua. Candi dua lantai yang dihiasi pahatan dan arca ini merupakan peninggalan kerajaan Hindu-Budha Malang dengan kawasan candi ini juga tertata rapi dan bisa menjadi spot foto Instagram. Tempat ini berada di Jalan Kertanegara masuk daerah Candirenggo, Kecamatan Singosari.

2. Museum Panji

Ingin mengunjungi destinasi wisata sejarah yang juga memiliki area hiburan? Bisa mengunjungi Museum Panji. Di dalam kawasan museum terdapat kolam renang, restoran, ruang pertunjukan dan wisata alam yang menarik. Harga tiket masuknya Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Museum Panji memiliki berbagai koleksi topeng yang sesuai dengan konsep sejarah seni pertunjukan topeng Panji Malangan. Tempat ini berada di Jalan Raya Bangilan nomor 1, Ringin Anom, Slamet, Kecamatan Tumpang.

3. Museum Musik Indonesia

Di kota Malang ada pula Museum Musik Indonesia yang terletak di Jalan Nusakambangan. Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan berbagai koleksi musik seperti kaset dan piringan hitam. Ada juga koleksi alat musik lainnya dan para pengunjung diperbolehkan untuk bisa mencoba memainkan beberapa alat musik yang ada. Museumini berada di Jalan Nusakambangan nomor 19 daerah Kasin, Kecamatan Klojen.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah