Menu Sarapan yang Masuk Warisan Budaya Tak Benda, Ini 5 Nasi Krawu khas Gresik di Malang

- 23 Mei 2024, 15:19 WIB
5 Nasi Krawu khas Gresik di Malang.
5 Nasi Krawu khas Gresik di Malang. /Instagram/@urbanlicious_malang/

MalangTerkini.com - Nasi Krawu khas Gresik merupakan salah satu menu yang kerap dicari saat ingin sarapan. Tak hanya enak, menu yang satu ini bahkan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada Oktober 2022 lalu.

Dalam seporsi makanan khas Gresik ini, akan ditemukan nasi pulen bersanding dengan lauk daging suwir, serundeng, dan sambal terasi berwarna pekat. Daging yang digunakan bisa bermacam macam seperti Sapi, Ayam, hingga Tongkol.

Bahkan, makanan yang disebut mirip Nasi Langgi khas Solo ini juga kerap dimakan bersama jeroan Sapi mulai babat, usus, hingga hati. Serundeng yang disertakan pun biasanya terdiri dari 3 macam yakni krawu dengan rasa sedikit pedas, abon berasa manis, serta mangot yang gurih.

Semua kombinasi komponen menu tersebut disempurnakan dengan aroma daun pisang yang menjadi alas makanannya. Tampaknya kombinasi kelezatan rasa dan aroma itulah yang membuat menu ini kerap diburu saat sarapan.

Baca Juga: Cari Nasi Jagung Khas Malang? Intip Rekomendasi Destinasi Kuliner Terenak yang dapat Dikunjungi

Di Malang sudah banyak ditemukan tempat berburu Nasi Krawu khas Gresik. Berikut 5 rekomendasi tempat menikmati makanan yang disebut sebagai modifikasi dari Nasi Madura dan kerap dimakan menggunakan tangan secara langsung atau krawukan.

1. Nasi Krawu Abu Abi

Tempat berburu pertama bisa ditemukan di Jl. Danau Maninjau Raya no. 58, Sawojajar. Tak hanya lauk dan serundeng, makanan di sini juga disajikan bersama mie bihun kecap sebagai pelengkap.

Dengan harga mulai Rp8.500 hingga Rp19.000, pengunjung sudah bisa mendapatkan seporsi makanan khas Gresik tersebut yang disajikan bersama aneka pilihan lauk mulai daging sapi, daging ayam, ikan, hingga babat.

2. Nasi Krawu khas Gresik Bu Wahyuni

Bisa menjadi pilihan bagi para mahasiswa, lokasi nasi ini berada di Jl. Soekarno Hatta no.4, Mojolangu, Kecamatan Lowokaru. Harganya pun cukup bersahabat yakni sekitar Rp11.500 sampai Rp19.000.

Halaman:

Editor: Nur Aini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah