Rekomendasi Tempat Jual Es Dawet Kekinian di Kota Malang, Ingat Bukan Cendol Sebab Ini Bedanya

- 18 Mei 2024, 08:05 WIB
Perbedaan es dawet dan cendol serta rekomendasi es dawet kekinian yang ada di kota Malang.
Perbedaan es dawet dan cendol serta rekomendasi es dawet kekinian yang ada di kota Malang. /Instagram @omahdawetireng/

MalangTerkini.com – Mencari tempat kuliner di siang hari saat panas terik di Malang akan sangat cocok jika tempat tersebut menawarkan minuman yang menyegarkan seperti es dawet. Minuman khas Jawa ini terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan gula merah cair dan es batu yang menyegarkan.

Meski termasuk minuman tempo dulu, namun es dawet tetap mampu menjadi magnet untuk dinikmati terutama bagi warga Malang. Dengan berbagai inovasi menghadirkan minuman ini menjadi bentuk kekinian namun cita rasanya tetap dipertahankan.

Banyak orang yang salah kaprah tentang es dawet dan es cendol bahkan sebagian orang menganggap kedua minuman ini adalah sama, padahal keduanya bukanlah menu minuman yang sama.

Baca Juga: Apa Minuman Khas Malang? Rekomendasi Kuliner Es Legendaris Ada Es Tawon Kidul Dalem hingga Es Santan 68

Beda Es Dawet dan Es Cendol

Perbedaan mendasar antara es dawet dan es cendol ada pada bahan atau komposisinya, jika dilihat dari fisik maka pada es cendol secara fisik teksturnya lebih padat dan kenyal.

Sementara es dawet memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal, hal ini disebabkan karena es dawet menggunakan bahan dasar tepung beras ketan. Es cendol menggunakan campuran hunkwe dan tepung beras.

Rekomendasi Es Dawet di Kota Malang

Ada beberapa lokasi menawarkan kesegaran es dawet yang sudah berpengalaman memiliki cita rasa lezat dan harga terjangkau.

1. Es Dawet Beras Pak Koentjoeng

Tempat kuliner yang satu ini berada di dalam di Foodcourt Malang Town Square, Kota Malang. Es yang menonjolkan rasa manis yang unik memang berbeda jika dibanding dengan rasa manis minuman lainnya.

Sebab tempat ini memakai gula jawa khusus didatangkan langsung dari kota Blitar, paling terkenal dengan gula jawanya. Di tempat ini pengunjung ditawari 2 variasi es dawet yaitu Es Nasi Dawet dan Es Dawet Durian.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah