Khofifah Indar Parawansa, Kapan Berakhir Masa Jabatannya? Sosok Gubernur Jatim Siap Tampung 1.000 anak Gaza

- 9 Juni 2024, 06:55 WIB
Profil Khofifah Indar Parawansa, biodata, agama hingga partai dari Gubernur Jatim yang siap tampung anak dari Gaza
Profil Khofifah Indar Parawansa, biodata, agama hingga partai dari Gubernur Jatim yang siap tampung anak dari Gaza /Instagram @khofifah.ip/

MalangTerkini.com – Khofifah Indar Parawansa kini menjadi sorotan publik, ia menyebutkan siap menampung 1.000 anak dari Gaza di ponpes yang ada dalam wilayah Jawa Timur. Dirinya pun kini sedang dilaporkan ke KPK terkait kasus dugaan korupsi di Kemensos tahun 2015, saat ia menjabat sebagai Menteri.

Khofifah Indar Parawansa yang kini akan maju lagi dalam pencaonan Gubenur Jatim ini, tengah digoyang dengan pelaporan dugaan korupsi saat menjabat sebagai Menteri Sosial di tahun 2015 dan menyatakan diri siap dipanggil KPK.

Seperti diwartakan bahwa Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu dilaporkan oleh Forum Komunikasi Masyarakat Sipil terkait keterlibatannya dugaan korupsi kasus di Kemensos tahun 2015 lalu. Menurut Khofifah kasus ini serupa dengan apa yang terjadi 6 tahun yang lalu.

Baca Juga: Yunita Kariman Siapa? Profil, Biodata, hingga Umur Pendiri Arisan Berbadan Hukum

Ada pula yang menarik atas sepak terjang mantan Gubernur Jawa Timur ini, ia mengungkapkan kepada Presiden terpilih, Prabowo Subianto, bahwa akan mengerahkan pondok pesantren yang ada di Jatim untuk menampung 1.000 anak dari Gaza. Jawa Timur bersiap menampung sementara anak-anak dari negara konflik dan termasuk ibu-ibu yang trauma untuk dididik di beberapa pesantren.

Khofifah memperkirakan adaptasi tidak akan begitu sulit karena bahasa Arab dapat digunakan sebagai bahasa pengantar di lingkungan pondok pesantren di Jawa Timur.

Profil Khofifah Indar Parawansa

Terlahir dengan nama kecil Khofifah Tegistha, dirinya lahir pada tanggal 19 Mei 1965 di Surabaya, kini usianya 59 tahun. Anak dari pasangan Achmad Ra’i, sang ayah dan Rochmah, sang ibu.

Ia menikah dengan Indar Parawansa pada tahun 1992 sehingga kini nama lengkapnya menjadi Dr. (H.C.) Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. Dari pernikahannya, ia dikaruniai empat orang anak yakni Jalauddin Mannagalli Parwansa, Yusuf Mannagalli Parawansa, Ali Mannagalli Parawansa dan Fatimahsang Mannagalli Parawansa. Sang suami pada 15 Januari tahun 2014 meninggal dunia di kota Palu karena sakit jantung kemudian dimakamkan di TPU Wonocolo.

Ia dikenal sebagai seorang politisi militan di Indonesia yang pernah menjadi Menteri Sosial ke-27 pada periode jabatan 27 Oktober 2014 hingga 17 Januari 2018. Saat kepemerintahan Gus Dur, ia pun pernah didapuk menjadi Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan ke-5 dalam Kabinet Persatuan Nasional, menjadi menteri termuda dalam kabinet tersebut.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah