Keramas Tidak Membatalkan Puasa Asalkan Syarat Ini Harus Terpenuhi

- 14 Maret 2024, 06:05 WIB
Catat syarat yang harus dipenuhi agar keramas tidak membatalkan puasa.
Catat syarat yang harus dipenuhi agar keramas tidak membatalkan puasa. /pexels.com/pixabay/

MalangTerkini.com – Keramas tidak akan membatalkan puasa, namun ada syarat-syarat yang harus terpenuhi yang harus diketahui oleh umat muslim.

Keramas bagi umat muslim adalah hal yang lumrah dilakukan meski saat itu dia sedang puasa, namun ada hal yang dapat membatalkan puasanya jika saat keramas ada syarat yang tak terpenuhi.

Keramas saat puasa niscaya masih akan diterima pahalanya oleh Allah SWT apabila dia sudah memenuhi syarat yang harus dipatuhi saat mencuci rambut.

Baca Juga: Apakah Boleh Sikat Gigi Saat Puasa? Ini Penjelasan Buya Yahya dan Waktu Aman untuk Melakukannya

Bolehkah Keramas Saat Puasa?

Pertanyaan ini sangat penting untuk dipahami oleh setiap umat Islam agar dapat berpuasa sesuai syariat dan terhindar dari makruh atau batalnya puasa. Mengenai mencuci rambut saat Ramadhan, terdapat berbagai pendapat ulama dan referensi agama yang dapat menjadi pedoman bagi umat Islam.

Sebagian umat Islam masih ragu untuk keramas saat berpuasa karena khawatir akan membatalkan ibadah tersebut.

Hukum mencuci rambut di bulan suci Ramadhan diperbolehkan dalam Islam dengan syarat tertentu, simak syarat yang dimaksudkan ini dengan benar.

Syarat Keramas Tidak Membatalkan Puasa

Mencuci rambut tidak akan membatalkan puasa asalkan dengan syarat yaitu air tidak masuk ke dalam tubuh, apalagi saat mandi.

Dalam Islam sendiri, mandi dan keramas saat puasa diperbolehkan. Artinya diperbolehkan walaupun dilakukan pada siang hari. Namun dengan syarat air tersebut tidak masuk ke dalam tubuh melalui bukaan alami tubuh seperti hidung, mulut, telinga, anus, dan organ lainnya.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah