Apakah Orang Dewasa Boleh Puasa Dzuhur? Ini Golongan hingga Batas Waktu yang Diperbolehkan

- 13 Maret 2024, 12:36 WIB
Ilustrasi. Hukum orang dewasa tidak boleh puasa dzuhur kecuali uzur dan batas waktu yang diperbolehkan untuk puasa bedug
Ilustrasi. Hukum orang dewasa tidak boleh puasa dzuhur kecuali uzur dan batas waktu yang diperbolehkan untuk puasa bedug /pexels.com/Engin Akyurt/

MalangTerkini.com – Orang dewasa wajib untuk puasa sehari penuh, sementara puasa dzuhur hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja.

Orang dewasa hukumnya wajib untuk puasa sehari penuh, sementara puasa dzuhur hanya diperuntukkan anak-anak dan orang-orang masuk dalam golongan uzur puasa.

Batas waktu puasa dzuhur bagi anak-anak dan orang dewasa yang masuk dalam golongan uzur akan diulas lebih dalam lagi.

Baca Juga: Menelan Ludah Saat Puasa Batal atau Tidak? Ada Syarat yang Tak Membatalkannya

Puasa Dzuhur untuk Orang Dewasa

Puasa dzuhur hukumnya haram bagi orang dewasa yang tidak masuk dalam golongan uzur. Sementara anak kecil diperbolehkan menjalankan puasa setengah hari sebab masih dalam proses belajar puasa secara bertahap untuk menuju ke puasa sehari penuh.

Puasa setengah hari atau ada yang menyebut sebagai puasa bedug bagi orang yang telah dewasa, sudah memenuhi persyaratan dan baligh maka hukumnya haram jika melaksanakannya.

Artinya bagi yang menjalankannya tidak akan mendapatkan pahala sama sekali sebab mereka termasuk orang yang membatalkan puasa sebelum waktu berbuka tiba.

Golongan Uzur Puasa

Ada orang dewasa yang uzur puasa atau diperbolehkan berbuka puasa saat siang hari pada bulan Ramadhan asalkan termasuk dalam 6 golongan berikut ini.

1. Musafir.
2. Orang Sakit.
3. Orang tua atau jompo yang tak berdaya.
4. Wanita hamil meskipun kehamilannya karena zina sekalipun.
5. Orang tercekik haus
Berupa kehausan besar yang menimpanya dengan catatan tak tertanggungkan ataupun serupa dengan hal tersebut misalkan tingkat lapar tak terperikan.
6. Wanita menyusui.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah