Menelan Ludah Saat Puasa Batal atau Tidak? Ada Syarat yang Tak Membatalkannya

- 13 Maret 2024, 11:26 WIB
Menelan ludah saat puasa tidak membatalkan puasa namun ada syaratnya.
Menelan ludah saat puasa tidak membatalkan puasa namun ada syaratnya. /pexels.com/Ivan Samkov/

MalangTerkini.com – Hukum menelan ludah saat puasa dapat membatalkan puasa atau tidak, menjadi hal yang membingungkan untuk sebagian orang.

Menelan ludah saat puasa dapat membatalkan puasanya apabila tidak memenuhi syarat-syarat tertentu sesuai dengan ketentuan Islam.

Menelan ludah biasanya dilakukan secara spontan atau tidak sengaja, dalam kehidupan sehari-hari umumnya tidak begitu dihiraukan. Namun saat puasa kebiasaan ini menjadi pertanyaan sebagian orang yang sering melakukannya.

Baca Juga: Apakah Wajib Mandi Sebelum Ramadhan? Ini Doa Niat Puasa dan Waktu Tepat untuk Dibaca

Hukum Menelan Ludah Membatalkan Puasa atau Tidak

Dalam hal menelan ludah saat berpuasa menjadi sorotan sebagian orang saat ia menyadari bahwa saat itu ia sedang dalam keadaan beribadah, apakah ibadahnya batal atau tidak.

Berkaitan dengan hal ini, Buya Yahya menjelaskan dalam saluran YouTube Al-Bahjah TV bahwa menelan ludah tidak akan membatalkan puasa namun ada syaratnya.

Saat berpuasa, dalam penjelasannya Buya Yahya menegaskan bahwa menelan ludah tidak akan membatalkan puasa. Namun ada tindakan menelan ludah yang dapat membatalkan puasanya seseorang apabila tidak memenuhi syarat yang ditentukan oleh Islam.

Syarat Menelan Ludah Tidak Membatalkan Puasa

1. Menelan Ludah Sendiri

Maksud dari menelan ludah sendiri itu adalah ludah yang ditelan adalah ludahnya sendiri, bukan milik orang lain. Misalnya jika mencium istri saja itu tidak membatalkan puasa, namun jika mencium hingga menelan ludah istri itu yang membuat puasanya menjadi batal.

2. Ludah Masih di Tempatnya

Maksudnya ludah tersebut masih berada di dalam mulut dan tidak dikeluarkan, kemudian dengan sengaja ditelan atau tertelan maka tidak akan membatalkan puasanya.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah