Apakah Boleh Sikat Gigi Saat Puasa? Ini Penjelasan Buya Yahya dan Waktu Aman untuk Melakukannya

- 13 Maret 2024, 08:05 WIB
Kegiatan sikat gigi saat bulan puasa dan waktu aman untuk melakukannya di bulan suci Ramadhan.
Kegiatan sikat gigi saat bulan puasa dan waktu aman untuk melakukannya di bulan suci Ramadhan. /pexels.com/ George Becker/

MalangTerkini.com – Kegiatan sikat gigi saat menjalankan puasa Ramadhan bisa membingungkan bagi sebagian orang. Apakah diperbolehkan atau justru membatalkan puasa?

Sikat gigi merupakan salah satu kegiatan untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan, kotoran-kotoran yang melekat pada gigi dan di sela-selanya.

Kegiatan sikat gigi ini biasanya dilakukan saat mandi atau setelah makan, namun bagaimana jika dilakukan waktu puasa bulan Ramadhan.

Baca Juga: Apakah Muntah Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Buya Yahya

Hukum Kegiatan Sikat Gigi saat Puasa

Buya Yahya menjelaskan dalam Saluran YouTube Al-Bahjah TV bahwa salah satu kegiatan yang membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke lubang mulut, yang dimaksud lubang mulut adalah dengan menelannya.

Apapun itu yang dimasukkan dengan sengaja ke dalam lubang mulut kemudian ditelannya maka itu yang menyebabkan puasanya batal.

Sementara anjuran berkumur dan sikat gigi dengan tujuan untuk menjaga kesehatan mulut tetap diperbolehkan di bulan Ramadhan asal paham syaratnya.

Menyikat gigi, membersihkan gigi dan rongga mulut dari berbagai kotoran itu diperbolehkan dilakukan saat berpuasa. Namun setelah itu segera dikumur dengan air bersih dan selanjutnya dibuang.

Kumur dilakukan beberapa kali hingga rongga mulut terasa segar, apabila saat kumur kemudian ada sedikit air yang ditelan maka itu dapat membatalkan puasanya.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah