4 Amalan yang Bisa Dilakukan Menyambut Bulan Rajab, Nomor 1 Dilakukan Hari Ini

- 12 Januari 2024, 16:38 WIB
Ilustrasi amalan yang bisa dilakukan saat memasuki bulan rajab
Ilustrasi amalan yang bisa dilakukan saat memasuki bulan rajab /pexels.com/David McEachan/

MalangTerkini.com – Bulan Rajab merupakan salah satu bulan ketujuh di kalender Hijriah yang juga menjadi salah satu bulan yang dimuliakan dari beberapa bulan yang ada, pada bulan ini banyak yang mengerjakan amalan agar harapan dan doanya bisa dikabulkan.

Tanggal 1 bulan Rajab ini jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024 yang mana banyak amalan yang dilakukan sejak Jumat, 12 Januari 2024 amalan yang dilakukan oleh umat muslim pada bulan ini juga sangat beragam.

Rasulullah SAW pernah menyampaikan bahwa bulan Rajab merupakan bulannya Allah SWT sedangkan bulan Sya'ban adalah bulannya Rasulullah. Disadur dari laman nu.or.id ada beberapa amaliah yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Rajab ini sebagai salah satu rangka untuk menyongsong bulan Ramadhan.

1. Membaca Doa masuk bulan Rajab

Saat memasuki bulan Rajab setiap umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan sebuah bacaan yang biasa dibaca berikut adalah bacaan yang biasa dibaca saat masuk bulan tersebut.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

2. Melakukan Puasa

Puasa saat bulan Rajab ini merupakan salah satu hal yang dianjurkan. Puasa sunah ini bisa dilakukan kapan saja, tidak ada tanggal pasti untuk melakukan puasa ini namun, bisa dilakukan selama bulan rajab.

Sehingga jika menurut kalender, puasa bulan rajab ini bisa mulai dilakukan sejak, Sabtu 13 Januari 2024 dan bisa dilakukan tanggal kapanpun selama bulan tersebut.

3. Melakukan Sholat Rajab

Dalam salah satu kitab Ihya Ulumuddin, salah satu sholat yang sunnah dilakukan untuk bulan Rajab, bahkan Imam Ghazali pernah mengatakan jika seseorang puasa di hari kamis bulan Rajab, lalu sholat sunnah 12 rakaat, keinginannya bisa dikabulkan.

4. Melakukan Sedekah

Selain beberapa hal diatas hal lain yang bisa dilakukan saat bulan Rajab adalah melakukan sedekah, sedekah yang dilakukan bisa memberikan rahmat, menjauhkan dari bala atau keburukan serta mendapatkan ridha Allah.

Halaman:

Editor: Rima Puspitasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah