Keutamaan Dzikir Laqod Jaakum, Lengkap dengan Tulisan Arab dan Artinya

- 5 Desember 2023, 20:18 WIB
Ilustrasi tulisan arab, arti dan keutamaan dari Laqod Jaakum
Ilustrasi tulisan arab, arti dan keutamaan dari Laqod Jaakum /pexels.com/Monstera Production/

MalangTerkini.com – Salah satu dzikir yang biasa dibaca adalah Dzikir Laqod Jaakum yang mana doa tersebut biasa dibaca dalam pembacaan maulid Diba’, Dhiyaullami’ hingga Simtudduror.

Laqod Jaakum merupakan dua ayat terakhir dalam surat At Taubah yaitu ayat 128 serta 129. Ayat tersebut ditemukan oleh Abu Khuzaimah al-Anshari RA, lantaran pada ayat tersebut turun dan dituliskan dalam media seadanya.

Lalu sepeninggalnya Rasulullah ayat tersebut kumpulan ayat yang tersebar tersebut dibukukan oleh Sayyidina Umar dengan bantuan Zaid bin Tsabit. Ayat terakhir yang dihimpun adalah Laqod Jaakum.

Berikut adalah ayat yang terakhir yang dihimpun oleh Zaid bin Tsabit yang ditemukan oleh Abu Khuzaimah al Anshari RA.

لَقَدۡ جَآءَكُمۡ رَسُولٞ مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ عَزِيزٌ عَلَيۡهِ مَا عَنِتُّمۡ حَرِيصٌ عَلَيۡكُم بِٱلۡمُؤۡمِنِينَ رَءُوفٞ رَّحِيمٞ. فَإِن تَوَلَّوۡاْ فَقُلۡ حَسۡبِيَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَۖ عَلَيۡهِ تَوَكَّلۡتُۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلۡعَرۡشِ ٱلۡعَظِيمِ.

Artinya: "Sungguh, telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman."
"Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arasy yang agung."

Doa tersebut bisa diamalkan di pagi hari agar orang yang membacanya mendapatkan keselamatan sepanjang hari. Jika membacanya pada sore hari maka akan dijaga dari bahaya sepanjang malam.

Selain itu bisa dibaca tujuh kali dalam sehari semalam maka akan mendapat kemudahan dalam urusan dunia dan akhirat selain itu, juga akan diteguhkan harinya dalam menjaga keimanan.

Doa tersebut juga bisa dibaca setelah selesai sholat fardhu sebanyak 7 kali makan akan mendatangkan keistimewaan seperti yang lemah akan menjadi kuat, yang mempunyai hutang maka akan dipermudah dalam melunasinya.

Halaman:

Editor: Rima Puspitasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah