Doa Sapu Jagat: Tulisan Arab, Arti dan Keutamaannya

- 28 November 2023, 19:27 WIB
Ilustrasi doa sapu jagat
Ilustrasi doa sapu jagat /pexels.com/Michael Burrows/

MalangTerkini.com – Doa Sapu Jagat adalah salah satu doa yang biasa dibaca setelah sholat. Doa ini merupakan salah satu doa yang pendek namun mampu mencangkup semuanya.

Dari salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA, doa Sapu Jagat ini merupakan salah satu doa yang paling sering dibaca oleh Rasulullah SAW. Do aini merupakan potongan dari surat Al Baqarah ayat 201.

Dimana dalam doa Sapu Jagat tersebut mencakup meminta kebaikan dunia dan akhirat serta memohon untuk dilindungi dari azab api neraka. Berikut adalah doanya dalam tulisan arab hingga keutamaannya.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār

Artinya, “Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.”

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat merupakan salah satu doa yang paling baik untuk dibaca salah satu pendapat Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa do aini mengandung permohonan kebaikan di dunia seluruhnya serta memohon untuk dihindari dari segala bentuk keburukan.

Doa ini mempunyai banyak manfaatnya mulai dari meminta permohonan untuk mendapatkan kesehatan, ilmu yang bermanfaat, amal saleh hingga pujian yang baik. Doa ini juga memohon untuk mendapatkan ketentraman.

Tidak hanya itu, do aini memohon agar mendapat ketentraman, keselamatan serta harta yang cukup dan agar dijauhkan dari segala keburukan yang ada. Selain itu doa ini juga meminta agar diberikan kemudahan dunia dalam menjalankan perintah Allah.

Halaman:

Editor: Rima Puspitasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah