Mengapa Pancasila Lahir 1 Juni 1945? Intip Sejarah dan Makna Momen Jelang Kemerdekaan Negara Indonesia

- 28 Mei 2024, 09:15 WIB
Ilustrasi. Sejarah lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 menjadi momen menjelang kemerdekaan Negara Indonesia.
Ilustrasi. Sejarah lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 menjadi momen menjelang kemerdekaan Negara Indonesia. /pexels.com/

MalangTerkini.com - Hari lahir Pancasila merupakan salah satu hari penting yang diperingati oleh Indonesia setiap tahunnya. Pancasila adalah dasar negara dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila sebab pada saat itulah terjadi momen atau peristiwa penting yang mendasari hingga kemerdekaan negara Republik Indonesia terwujud.

Hari lahir Pancasila ini terus diperingati setiap tahunnya agar bangsa Indonesia terutama generasi baru mengetahui bagaimana latar belakang hingga negara ini bisa merdeka dan berdiri hingga saat ini. Salah satu cara memupuk semangat kebangsaan juga dengan memperingatinya sebagai salah satu hari besar nasional.

Awal dari kelahiran Pancasila sebagai dasar negara ini tak lepas dari janji-janji manis para penjajah, saat itu adalah negara Jepang yang menawarkan akan memberikan kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia. Bahkan hal ini dibuktikan dengan dibentuknya Dokuritsu Junbi Cosakai atau rakyat Indonesia lebih mengenal sebagai Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Namun kenyataannya Jepang hanya memberikan janji-janji kosong yang kemudian tidak ada tindak lanjut apapun bahkan pergerakan menuju Indonesia Merdeka pun tidak tampak sama sekali.

Sejarah Hari Lahirnya Pancasila

Para pejuang yang sudah terbentuk dalam BPUPKI ini terus mensolidkan diri dengan mengadakan beberapa sidang termasuk membahas dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sidang pertama digelar pada 29 Mei 1945 dengan membahas pokok-pokok persoalan dasar Indonesia merdeka.

Kemudian berlanjut digelar sidang kedua pada tanggal 1 Juni 1945, dalam kesempatan ini Ir Soekarno yang kemudian dikenal sebagai Presiden Pertama RI berpidato dengan judul Lahirnya Pancasila. Ia mengemukakan gagasan-gagasan awal tentang konsep Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

Dalam pidatonya tersebut Ir Soekarno menjelaskan gagasannya terkait dasar negara Indonesia yang diberi nama Pancasila, Panca artinya lima dan sila artinya prinsip atau asas.

Pada tanggal 1 Juni 1945 itulah pidato Ir Soekarno secara aklamasi dibukukan oleh pemimpin BPUPKI saat itu, Dr. Radjiman Wedyodiningrat, dimasukkan dalam buku berjudul Lahirnya Pancasila kemudian disimpan oleh BPUPKI.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah