Menakjubkan! Bukber dan Takjil Terpanjang di Pujon Kidul Kabupaten Malang, Tetap Jadi Agenda Rutin Tahunan

- 6 April 2024, 06:05 WIB
Buka puasa atau bukber terpanjang  digelar di desa Pujon Kidul Kabupaten Malang.
Buka puasa atau bukber terpanjang digelar di desa Pujon Kidul Kabupaten Malang. /Instagram @amal.ikhlas/

MalangTerkini.com – Bukber sudah menjadi tradisi tahunan Pujon Kidul, Kabupaten Malang kini diikuti sekitar 1500 KK. Benar-benar menjadi acara menyediakan takjil dan buka puasa bersama terpanjang.

Kegiatan yang dilaksanakan satu kali dalam satu bulan Ramadhan, pada tahun ini digelar pada tanggal 4 April 2024 di sepanjang jalan desa.

Aneka macam takjil, jajanan, makanan dan minuman tertata rapi di atas meja-meja mulai dari meja kecil hingga meja terpanjang yang ditata hingga ujung jalan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Bukber di Malang Tanpa Antri, Ada Sego Tempong Cak Uut hingga Mbok Ndower

Bukber Acara Tahunan Warga Pujon Kidul Kabupaten Malang

Desa Pujon Kidul merupakan salah satu desa yang masuk dalam administratif pemerintahan Kabupaten Malang yang berdekatan dengan kota Batu.

Desa budaya ini memiliki beberapa acara tahunan yang berkaitan dengan adat istiadat dan budaya di desa ini, salah satunya adalah acara buka bersama dengan seluruh warga desa saat bulan Ramadhan.

Tahun ini acara digelar pada hari Kamis, 4 April 2024 diawali dengan persiapan yang digelar sore hari dengan menata meja-meja ruang tamu warga diletakkan di jalan raya desa.

Kampung wisata dan budaya yang satu ini memang sudah inspiratif sejak bertahun-tahun yang lalu. Warganya masing-masing membawa aneka macam takjil dari rumahnya masing-masing untuk ditata di atas meja tersebut.

Aneka makanan pun akhirnya tertata ada makanan utama, minuman, buah, dan aneka macam takjil hasil karya warga di tata secara rapi untuk nantinya disantap bersama-sama saat adzan maghrib berkumandang.

Biasanya acara ini diawali dengan tabuhan kentongan yang dimainkan sangat atraktif oleh warga desa diikuti dengan pawai menuju ke jalan raya dan balai desa tempat digelarnya acara bukber dan takjil bersama.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah