Kapan Boleh Bayar Hutang Puasa Ramadhan? Ini Batas Waktu untuk Menggantinya

- 3 April 2024, 07:10 WIB
Waktu yang diperbolehkan dan tidak boleh untuk membayar hutang puasa Ramadhan.
Waktu yang diperbolehkan dan tidak boleh untuk membayar hutang puasa Ramadhan. /Pexels.com/ Zak Chapman/

MalangTerkini.com – Puasa Ramadhan merupakan salah satu perintah Allah yang masuk dalam rukun Islam ketiga, sehingga sifatnya adalah wajib bagi seluruh umat muslim.

Meskipun demikian ada beberapa golongan yang terpaksa tidak dapat mengikuti kewajiban umat Islam ini seperti wanita haid, ibu menyusui atau melahirkan, dan orang-orang dalam keadaan udzur lainnya.

Oleh karena sifatnya wajib berarti harus diganti dengan hari lain, atau dengan istilah lain yakni hutang puasa. Pembayaran hutang harus dilakukan sesuai dengan sisa hari saat ia tidak dapat menjalankannya.

Waktu pelunasan utang pun mempunyai aturan tersendiri sehingga penting untuk mengetahui kapan harus membayar utang agar tidak melalaikan kewajiban.

Ketentuan mengenai batas waktu pembayaran utang tidak hanya mencakup jangka waktu qadha saja, namun juga apakah harus dilakukan secara berurutan atau tidak.

Waktu Terakhir Bayar Puasa Qadha Ramadhan

Dalam laman resmi Kementerian Agama, disebutkan ada dua pendapat ulama mengenai batas akhir pembayaran qadha Ramadhan.

Pendapat tersebut sebagaimana tertuang dalam kitab Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, yaitu menurut ulama madzhab Syafi'i dan Hanbali menyebutkan bahwa batasan puasa adalah dari selesainya bulan Ramadhan tahun ini hingga bulan Ramadhan berikutnya.

Sementara para ulama ulama madzhab Hanafi menegaskan untuk membayar hutang dapat diganti sewaktu-waktu stelah tahun Ramadhan yang terlewat atau bahkan tahun-tahun berikutnya.

Waktu Dilarang untuk Mengganti Puasa Ramadhan

Mengganti puasa pada bulan Ramadhan dapat dilakukan kapan saja hingga Ramadhan berikutnya. tetapi, Umat muslim sebaiknya mengetahui waktu-waktu yang dilarang berpuasa.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x