Gimana Supaya Ketupat Tidak Cepat Basi? Ini Cara Menyimpan Agar Tahan Lama

- 3 April 2024, 09:05 WIB
Tips cara menyimpan ketupat agar tidak cepat basi dan awet
Tips cara menyimpan ketupat agar tidak cepat basi dan awet /Instagram /@ ketupat_tigo_tungku/ @evaiphe/

MalangTerkini.com – Ketupat umumnya menjadi menu populer saat moment lebaran yang dihidangkan di meja makan beserta dengan lauk pauk penyertanya.

Hari Raya Idul Fitri rasanya kurang lengkap tanpa menyantap makanan pengganti nasi yang satu ini. Sajian olahan nasi yang lembut disiram dengan kuah kentalnya opor menjadi sangat nikmat disantap bersama dengan keluarga besar.

Biasanya olahan nasi yang dikemas dalam jalinan janur kelapa ini dibuat dalam jumlah yang cukup banyak dengan harapan dapat bertahan beberapa hari selama masih ada banyak tamu ke rumah untuk disajikan.

Secara umum, apabila cara memasaknya sudah benar dan disimpan dengan cara yang benar maka ketupat ini dapat bertahan selama sekitar 3 hari. Agar kualitasnya lebih lama terjaga dan terhindar dari bau, ada beberapa cara mengawetkan ketupat yang patut diketahui.

Cara Mengawetkan Ketupat Agar Tidak Cepat Basi

1. Tambahkan air kapur sirih

Saat membuat ketupat, usahakan menambahkan air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam kerangka daun kelapa yang sudah dibentuk.

Air kapur sirih bermanfaat membuat tekstur menjadi lebih lembut dan umur simpan lebih lama. Selain itu, daun kelapa yang berwarna hijau muda juga dapat memperpanjang umur ketupat.

2. Simpan di kulkas

Setelah ketupat dingin dapat disimpan selama tiga hari pada suhu ruangan namun bisa pula disimpan di kulkas. Sebaiknya ketupat dimasukkan ke dalam plastik vakum atau kedap udara terlebh dahulu baru kemudian disimpan di kulkas untuk menjaga kualitasnya agar ketupat tidak lembap. Ketupat bisa bertahan selama 4-7 hari jika disimpan di kulkas

3. Siram dengan air dingin

Memastikan ketupat matang sempurna juga membantu memperpanjang umur ketupat. Saat merebus ketupat, setidaknya membutuhkan waktu 4-5 jam. Perhatikan jumlah air yang digunakan saat merebus, pastikan ketupat teredam dengan baik

Setelah ketupat matang, cucilah dengan air dingin. Tujuannya untuk membersihkan sisa air rebusan ketupat dan kotoran atau lendir yang membuat ketupat mudah busuk.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x