Waspada! Ini Akibat Jarang Mencuci Handuk, Salah Satunya Bisa Infeksi Bakteri Escherichia coli

- 24 Maret 2024, 19:01 WIB
Iustrasi: resiko jarang mencuci handuk
Iustrasi: resiko jarang mencuci handuk /Pexels/Dom J/

MalangTerkini.com - Sebuah kebiasaan sehari-hari yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah mencuci handuk secara teratur. Padahal, jarang mencuci handuk bisa membawa risiko serius bagi kesehatan. Banyak dari kita mungkin tidak menyadari bahwa handuk yang jarang dicuci dapat menjadi sarang bagi berbagai bakteri, jamur, dan virus yang berbahaya.

Menurut para ahli dermatologi, sebagaimana dilansir dari timesnownews.com, mencuci handuk mandi setiap 3-4 kali pemakaian adalah langkah yang penting untuk menjaga kebersihan dan kebersihan.

Mengapa? Karena ketika handuk digunakan tanpa dicuci secara teratur, maka mikroorganisme seperti bakteri stafilokokus, jamur, dan virus dapat dengan mudah berkembang biak di dalamnya.

Salah satu risiko utama dari tidak mencuci handuk secara teratur adalah infeksi kulit. Bakteri Staphylococcus aureus (MRSA), misalnya, dapat menyebabkan infeksi kulit serius. Berbagi handuk mandi dengan orang lain juga dapat meningkatkan risiko penularannya.

Tidak hanya itu, risiko lain dari tidak mencuci handuk secara teratur adalah sebagai berikut:

  1. Infeksi Escherichia coli (E. coli)
    Bakteri E. coli dapat hadir dalam handuk yang tidak dicuci dengan cukup sering. Mencuci handuk setiap beberapa kali pemakaian dapat mengurangi risiko terkena infeksi ini.
  2. Alergi Jamur
    Handuk yang tidak dikeringkan sepenuhnya atau tidak dicuci dengan cukup sering dapat menyimpan jamur, yang dapat memicu gejala alergi jamur pada beberapa orang.
  3. Infeksi Kulit
    Handuk yang lembab dan digunakan di kamar mandi yang lembap dapat mendorong pertumbuhan mikroba, yang dapat menyebabkan infeksi kulit, terutama pada orang dengan luka kulit atau kondisi imunocompromised.
  4. Jerawat
    Handuk dapat menyebarkan bakteri penyebab jerawat, sehingga disarankan untuk tidak berbagi handuk dengan orang lain.
  5. Mata Merah (konjungtivitis)
    Handuk juga bisa menyebarkan bakteri penyebab konjungtivitis, yang dapat berkontak dengan wajah dan mata.
  6. Infeksi Jamur
    Jamur, termasuk patogen yang menyebabkan tinea cruris (jamur di daerah selangkangan), dapat menyebar melalui handuk yang digunakan bersama.

Untuk meminimalkan risiko kesehatan ini, sangat disarankan untuk mencuci handuk setiap 3-4 kali pemakaian, terutama jika terdapat cairan tubuh di atasnya atau jika Anda memiliki kulit sensitif atau kondisi imunocompromised.

Dengan menjaga kebersihan handuk secara teratur dapat melindungi diri dan keluarga dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme berbahaya.***

Editor: Amalia Citra Novianantya


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah