Terkait Bus Rosalia Indah Terbakar di Tol Boyolali, Kenapa Power Bank Juga Dilarang Dicash Saat Perjalanan?

- 17 Maret 2024, 15:00 WIB
Bus Rosalia Indah terbakar di Tol Boyolali, diduga disebabkan korsleting listrik. Terkait hal tersebut mengapa power bank dilarang dicash di bus, ini penjelasannya.
Bus Rosalia Indah terbakar di Tol Boyolali, diduga disebabkan korsleting listrik. Terkait hal tersebut mengapa power bank dilarang dicash di bus, ini penjelasannya. /TikTok @Angga Hendrawan/

MalangTerkini.com – Penumpang Bus Rosalia Indah seperti halnya di bus lainnya, tidak diperkenankan untuk mengecash power bank saat perjalanan.

Bus Rosalia Indah nomor lambung 381 mengalami kebakaran di Tol Boyolali pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 saat akan perjalanan ke lampung, dugaan awal disebabkan korsleting listrik.

Sopir Bus Rosalia Indah saat di tol Semarang-Solo masuk wilayah Boyolali menyebutkan mendengar suara ledakan dari bagian dalam mesin, tampaknya karena korsleting listrik. Berbagai alat kelistrikan dapat menyebabkan kebakaran termasuk mengecash power bank saat perjalanan.

Bus yang berisi 20 orang penumpang ini mengalami kebakaran hebat hingga habis terbakar, dugaan sementara karena korsleting listrik yang terjadi karena adanya penggunaan arus daya tidak sesuai dengan arus murni dalam bus.

Larangan Mengecash Power Bank dalam Bus

Umumnya para penumpang terutama dalam bus Pariwisata difasilitasi dengan fitur colokan USB untuk mengecash hp mereka yang hampir habis.

Colokan USB ini ada di masing-masing bangku penumpang dan umumnya pada bus-bus kelas eksekutif. Jika baterai HP habis maka tinggal menancapkan ke USB maka daya bisa terisi kembali saat perjalanan.

Meskipun sama-sama melakukan pengisian daya, mengapa pengisian bank daya ini tidak diperbolehkan? Ada berbagai alasan yang menyebabkan pelarangan ini terjadi.

Ada perbedaan arus pada bank daya dan baterai HP, bank daya diketahui memiliki arus bolak balik sementara baterai HP arusnya searah.

Sehingga saat pengisian daya maka pada bank daya membutuhkan arus daya yang besar dan bisa tidak tercukupi dalam kelistrikan sebuah bus. Jika hal ini terjadi dapat membuat power bank panas dan bisa memicu timbulnya kebakaran di bagian dalam kabin.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah