Mengenal Kesenian Bantengan, Punya Makna Kesederhanaan, Pernah Punah hingga Arti Mberot

- 24 Januari 2024, 16:59 WIB
Makna kesenian bantengan yang tengah ramai diperbincangkan
Makna kesenian bantengan yang tengah ramai diperbincangkan /YouTube/@DIGARchannel/

MalangTerkini.com – Kesenian Bantengan belakangan ini menjadi salah satu hiburan yang paling banyak diminati oleh masyarakat hingga menjadi trend, terutama di daerah Jawa Timur.

Kesenian Bantengan ini juga sering dimainkan di berbagai wilayah di Jawa Timur, musik yang dihadirkan juga mulai bervariasi salah satunya yang menarik adalah diiringi dengan musik gamelan hingga DJ.

Kesenian Bantengan ini juga mulai berkembang, salah satunya adalah bantengan Suro. Dalam bantengan ini para pemainnya menggunakan kostum seperti barongan dengan make up yang cukup unik.

Bantengan sendiri terbuat dari tanduk banteng yang dikolaborasi dengan beberapa bahan lainnya seperti kayu hingga beberapa aksesoris. Kesenian ini menjadi salah satu kesenian yang merakyat.

Namun, ternyata Kesenian yang tengah tenar di Jawa Timur ini mempunyai beberapa fakta unik yang tidak bisa dilewatkan.


1. Mempunyai makna kesederhanaan dan merakyat

Kesenian ini ternyata mempunyai cerita yang menarik di balik ketenarannya. Bantengan ini merupakan salah satu kesenian yang mempunyai arti kesederhanaan dan merakyat.

Bantengan diciptakan menjadi kesenian awalnya untuk mengumpulkan massa atau rakyat, berbeda dengan kesenian lainnya. Bantengan ini, awalnya terbilang sangat sederhana dibanding kesenian yang lain.

Kesenian ini pada awalnya dinikmati oleh masyarakat menengah kebawah dan menjadi salah satu ajang untuk mengapresiasikan diri mereka dan mengumpulkan rakyat lewat tontonan untuk belajar ilmu spiritual.

2. Sempat punah

Kesenian bantengan ini memang sangat terkenal belakangan ini, namun ternyata bantengan merupakan salah satu kesenian yang cukup lama. Bahkan diduga kesenian ini telah ada saat masa kerajaan.

Halaman:

Editor: Rima Puspitasari


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah