Dishub Kota Malang Gelar Operasi Tindak Parkir Liar, Jukir hingga Pengendara Bisa Kena

- 11 Juni 2024, 11:06 WIB
Ilustrasi: penindakan parkir liar oleh Dishub Kota Malang.
Ilustrasi: penindakan parkir liar oleh Dishub Kota Malang. /Pexels/Yusron El Jihan/

MalangTerkini.com - Parkir liar masih menjadi salah satu masalah yang berputar di wilayah Kota Malang. Oleh karenanya, Senin, 10 Juni 2024 sekitar jam 14.00 WIB Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang menggelar operasi penindakan parkir liar. Dalam prosesnya Rahmat Hidayat selaku Kepala Bidang (Kabid) Parkir Dishub Kota Malang menyebut baik juru parkir (jukir) ataupun pengendara yang memarkirkan kendaraannya bisa kena hukuman.

Operasi penindakan tersebut terlihat digelar di 2 titik yakni sekitar Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) dan Stasiun Kota Baru. Rahmat dan para jajarannya menemukan sejumlah jukir dan pengendara yang melanggar.

Keduanya akan menerima sanksi yang berbeda sesuai dengan statusnya jukir atau pemilik kendaraan. Para jukir pun akan mendapatkan teguran berbeda antara yang memiliki KTA (Kartu Tanda Anggota) dan tidak.

Baca Juga: Berantas Parkir Liar, Pemkot Malang Segera Realisasi CFD Reborn Pengaturan di Jalan Retawu dan Welirang

Sebelum operasi penindakan tegas ini dilakukan, Rahmat mengaku pihaknya telah mendapatkan laporan. Pihaknya menyebut, Dishub hanya membantu pelaksanaan sedangkan kewenangan memberikan sanksi akan tetap ada pada Polres dan Satpol PP.

"Dishub sendiri itu membantu terkait dengan penindakan pelanggaran itu, menggembok," kata Rahmat Hidayat dikutip MalangTerkini.com dari Instagram @malangraya_info pada Selasa, 11 Juni 2024.

Siapa yang menindak disesuaikan dengan bentuk pelanggarannya. Polresta bertindak untuk memberikan sanksi bagi pelanggar marka dan rambu-rambu lalu lintas. Sebaliknya, parkir liar yang ada di luar rambu dan marka akan ditindak oleh Satpol PP.

"Untuk yang marka, rambu-rambu, itu penindakan hukumnya ada di Polresta. Sedangkan di luar rambu dan marka, itu yang melaksanakan ada di Satpol PP," papar pria berkacamata tersebut.

Mekanisme penindakan parkir liar

Para petugas Dishub akan menggembok kendaraan yang dinilai melanggar aturan parkir liar. Pelanggaran ini termasuk dalam kategori Tipiring atau Tindak Pidana Ringan. Kendaraan tersebut akan digembok sampai pemilik kendaraan mendapatkan Surat Tilang dari polisi.

Halaman:

Editor: Nur Aini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah