Gunung Semeru Erupsi lagi Hari Ini: Sangat Aktif Terjadi 2 Jam Sekali di Level Siaga

- 11 Juni 2024, 06:00 WIB
Gunung Semeru kembali erupsi tercatat tiap 2 jam sekali.
Gunung Semeru kembali erupsi tercatat tiap 2 jam sekali. /magma.esdm.go.id/

MalangTerkini.com – Gunung Semeru terpantau sangat aktif hari ini, terutama tercatat sejak Senin malam, 10 Juni 2024 pukul 20:52 WIB hingga hari Selasa Dini 02:11 WIB terjadi erupsi hampir 2 jam sekali.

Aktivitas Gunung Semeru terpantau lebih aktif dibanding hari-hari sebelumnya, erupsi lebih sering terjadi meskipun visual erupsi tak teramati dengan jelas, namun erupsi dilaporkan oleh pihak esdm terus terjadi.

Gunung Semeru semakin aktif dalam beberapa hari terakhir ini, bahkan saat terjadi hujan deras di daerah puncak, menyebabkan tanah longsor dan banjir lahar dingin melanda di wilayah Lumajang dan sekitarnya.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi: Jalur Lumajang Malang Putus Akibat Longsor dan Banjir Lahar Dingin, Cek Jalur Alternatif

Himbauan untuk masyarakat di daerah sekitarnya pun sudah dilakukan oleh para pejabat terkait agar menjauh dari kawah Gunung Semeru, untuk menghindari jatuhnya korban kembali. Sebelumnya terjadi tanah longsor di daerah Piket Nol menyebabkan 3 orang meninggal dunia dan 1 orang dikabarkan hilang belum diketemukan.

Aktivitas Gunung Semeru Terkini

Terhitung sejak hari Senin, 10 Juni 2024 malam, dari laman resmi esdm diperoleh laporan dari Ghufron Alwi dan Liswanto bahwa sejak pukul 20:52 WIB hingga hari Selasa dini hari pukul 02:11 WIB sudah tercatat 5 kali erupsi terjadi.

Hampir setiap 2 jam sekali mengalami gunung tertinggi di Jawa Timur ini mengalami erupsi meskipun untuk letusannya beberapa kali tidak teramati namun amplitude maksimum dan durasinya dapat tercatat dengan jelas.

Seperti dalam laporannya, petugas Ghufron Alwi melaporkan bahwa pada pukul 01:57 WIB terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Selasa, 11 Juni 2024, pada pukul 01.57 WIB. Dalam erupsi kali ini visual letusan tidak teramati. Sementara erupsi tersebut dapat terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 114 detik.

Status Gunung Semeru sampai dengan saat ini berada di status siaga atau level III, dengan guguran lava pijar sejauh 2,5 kilometer. Terpantau aktivitas masyarakat di lereng gunung masih berjalan normal seperti biasanya.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah