Masuk Target Pemekaran di Jawa Barat, Kabupaten Bogor Akan Dipecah Jadi 3 Daerah, Apa Saja?

- 28 Mei 2024, 12:10 WIB
Pemekaran Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Bogor.
Pemekaran Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Bogor. /bogorkab.go.id/

MalangTerkini.com - Kabarnya salah satu target pemekaran di Jawa Barat yang akan memecah Kabupaten Bogor menjadi 3 daerah telah disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Usulan 2 daerah tambahan tersebut telah muncul sejak tahun 2000 dan 2015. Usulan tersebut didasarkan pada aspirasi masyarakat serta tujuan agar pelayanan dan kesejahteraan warga setempat semakin meningkat.

Kecamatan kecamatan yang akan masuk dalam Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) tersebut telah direncanakan. Bahkan salah satunya telah merencanakan kecamatan yang akan menjadi pusat pemerintahan di CDOB tersebut.

Penasaran dengan pembagian 2 wilayah baru tersebut? Berikut pembagian kecamatan dalam 3 daerah berbeda lengkap dengan batas masing masing wilayah.

Baca Juga: Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Ini 9 Kabupaten yang Jadi Calon Daerah Otonomi Baru

Diketahui dalam rencana pemekaran Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bogor akan dibagi menjadi 3 daerah dengan 2 wilayah baru yakni Kabupaten Bogor Barat dan Kabupaten Bogor Timur. Empat puluh kecamatan yang saat ini ada di Kabupaten Bogor akan dipecah menjadi 3 yakni 14 kecamatan masuk ke Kabupaten Bogor Barat dan 7 kecamatan diboyong Kabupaten Bogor Timur. Sedangkan 19 sisanya akan tetap menjadi wilayah induk, Kabupaten Bogor.

Kabupaten Bogor Barat

Pemekaran wilayah yang akan membawahi 14 kecamatan dan 166 desa ini telah diusulkan sejak tahun 2000. Deretan kecamatan tersebut adalah Ciampea (13 desa), Cibungbulang (15 desa), Cigudeg (15 desa), Dramaga (10 desa), Jasinga (16 desa), Leuwiliang (11 desa), Leuwisadeng (8 desa), Nanggung (11 desa), Pamijahan (15 desa), Parung Panjang (11 desa), Rumpin (14 desa), Sukajaya (11 desa), Tenjo (9 desa), dan Tenjolaya (7 desa).

Rencana pusat pemerintahannya ada di Kecamatan Cigudeg yang memiliki luas wilayah 17,7 hektare, calon kabupaten baru ini berbatasan dengan wilayah lain yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sukabumi.

Kabupaten Bogor Timur

Berbeda dengan Bogor Barat, wilayah Kabupaten Bogor Timur hanya akan mengambil 7 kecamatan dan 75 desa dari daerah induk. Ketujuh kecamatan dan puluhan desa tersebut adalah Cariu (10 desa), Cileungsi (12 desa), Gunung Putri (10 desa), Jonggol (14 desa), Klapanunggal (9 desa), Sukamakmur (10 desa), dan Tanjungsari (10 desa).

Belum diketahui pasti rencana pusat pemerintahan calon kabupaten baru ini. Tetapi dengan data kecamatan tersebut bisa diketahui daerah lain yang berbatasan antara lain Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.

Halaman:

Editor: Nur Aini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah