Tapera, Apa Itu? Siap-siap Penghasilan Kena Potong 3 Persen Mulai PNS hingga Wirausaha, Ini Manfaatnya

- 28 Mei 2024, 08:20 WIB
Ilustrasi. Penghasilan akan terkena potong 3 persen untuk simpanan Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat untuk semua kalangan mulai dari PNS hingga Wirausaha.
Ilustrasi. Penghasilan akan terkena potong 3 persen untuk simpanan Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat untuk semua kalangan mulai dari PNS hingga Wirausaha. /pexels.com/pixabay/

MalangTerkini.com – Semua para pekerja Indonesia yang mendapatkan penghasilan, gaji maupun upah akan dipotong sebanyak 3 persen untuk simpanan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Kebijakan yang baru diumumkan oleh Pemerintah ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 terhadap perubahan dari peraturan PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Tapera ini sendiri merupakan penyimpanan yang dilakukan oleh pesertanya secara periodic dalam jangka waktu tertentu, hanya dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan rumah, bisa dikembalikan termasuk hasil pemupukannya setelah periode kepesertaannya berakhir.

Baca Juga: Bisakah Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Via HP? Ini Langkah Singkatnya Tanpa Perlu Ribet

Syarat Peserta Wajib Tapera

1. Pekerja berusia minimal 20 tahun atau sudah menikah dengan penghasilan paling sedikit senilai upah minimum.

2. Para pekerja yang wajib menjadi peserta antara lain PNS atau ASN, BUMN, TNI-Polri, pekerja swasta, wirausaha dan pekerja lain yang mendapatkan penghasilan.

Rincian Potongan Tapera

Tapera dibayarkan oleh pemberi kerja dan pekerja itu sendiri setiap bulan, untuk para pekerja dari pemotongan gaji berdasarkan persentase tertentu termasuk untuk peserta wirausaha atau mandiri.

Besarnya potongan adalah 3 persen dari upah atau gaji buat para pekerja atau penghasilan untuk para wirausaha, freelancer atau pekerja mandiri.

Sementara 3 persen ini dibagi 0,5 persen dibayarkan oleh pemberi kerja dan 2,5 persen dibayarkan oleh pekerja melalui pemotongan gajinya.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah