Diknas Himbau Study Tour di Malang Saja, Pemda dan Pemkot Sikapi Maraknya Laka Saat Rekreasi

- 24 Mei 2024, 09:45 WIB
Pihak Pemkot dan Pemkab Malang melalui dinas Pendidikan menghimbau agar study tour digelar di Malang Raya menyikapi maraknya kecelakaan lalu lintas saat rekreasi.
Pihak Pemkot dan Pemkab Malang melalui dinas Pendidikan menghimbau agar study tour digelar di Malang Raya menyikapi maraknya kecelakaan lalu lintas saat rekreasi. /Instagram @info_malang/

MalangTerkini.com – Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pendidikan menghimbau agar satuan pendidikan atau sekolah-sekolah yang akan menyelenggarakan study tour di daerah Malang Raya saja.

Menyikapi maraknya terjadi kecelakaan lalu lintas menimpa para siswa siswi yang melakukan study tour atau rekreasi, pihak Pemkot dan Pemkab Malang menghimbau agar agenda ini dilaksanakan area Malang Raya saja tidak perlu jauh-jauh.

Berbagai kecelakaan terjadi akhir-akhir ini dan itu sebagian besar menimpa siswa dan siswi yang sedang melaksanakan study tour di berbagai tempat bahkan merenggut jiwa. Banyak wali murid menyangsikan kegiatan tahunan yang digelar oleh sekolah ini dapat menjamin keamanan jiwa anak mereka.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam Petik Buah di Malang, Cocok Rekreasi Bersama Keluarga

Diknas Himbau Study Tour Area Malang Saja

Baru-baru ini pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melayangkan surat edaran terkait study tour. Surat Edaran tersebut ditujukan kepada seluruh Kepala sekolah mulai dari jenjang Paud, TK, SP hingga SMP Negeri dan Swasta di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang

Surat Edaran tertanggal 22 Mei 2024 ini menyebutkan bahwa dengan latar menyikapi berbagai masalah yang terjadi berkaitan dengan pelaksanaan study tour yang dilaksanakan oleh sekolah maka pihak Pemkot dan Pemkab memberikan himbauan ini.

Kegiatan rekreasi yang digelar oleh sekolah sekiranya dilaksanakan di wilayah Malang Raya saja melalui kunjungan ke pusat pengembangan ilmu pengetahuan, pusat kebudayaan dan destinasi wisata edukatif lokal.

Tujuan dari pelaksanaan di wilayah Malang Raya saja ini adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal kecuali bagi sekoah yang sudah merencanakan dan mealkukan kontrak kerjasama study tour di luar wilayah Malang Raya sehingga tidak bisa dibatalkan lagi.

Dalam surat edaran tersebut dihimbau pula agar kegiatan tersebut memperhatikan asas kemanfaatan dan keamanan bagi seluruh siswa, guru dan tenaga kependidikan dengan memperhatikan kesiapan awak kendaraan, keamanan jalur yang dilewati dan beroordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait kelayakan tekniskendaraan yang akan dipakai.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah