Gunung Ruang atau Raung yang Erupsi? Ini Lokasi Eksplosif hingga 3 Kilometer, Gempa hingga Peringatan Tsunami

- 18 April 2024, 08:15 WIB
Pertanyaan tentang gunung Ruang atau Raung yang erupsi dengan letusan hingga 3 kilometer menyebabkan gempa dan peringatan Tsunami.
Pertanyaan tentang gunung Ruang atau Raung yang erupsi dengan letusan hingga 3 kilometer menyebabkan gempa dan peringatan Tsunami. /X @infomitigasi/

MalangTerkini.com – Antara Gunung Ruang dan Gunung Raung banyak yang salah menyebut terkait yang mengalami erupsi eksplosif pada hari Rabu, 17 April 2024 disertai awan panas hingga membuat masyarakat sekitarnya mengungsi.

Pengumuman erupsi eksplosif pada gunung tersebut diumumkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada 17 April 2024 pukul 21.00 WIB. Bahkan disebut pula tentang status waspada Tsunami bagi masyarakat yang bermukin di pantai.

Gunung yang meletuskan erupsi hebat ini berada di Pulau Tagulandang, Sulawesi Utara hingga menyebabkan sebanyak 828 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga: Gunung Ruang di Mana? Erupsi Eksplosif Sebabkan Peringatan Tsunami dan Penerbangan di Manado Ditutup

Beda Gunung Ruang dan Gunung Raung

Gunung Raung merupakan salah satu gunung yang ada di Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur yang mempunyai puncak tertinggi 3.344 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini berbentuk kerucut yang secara administratif masuk di wilayah 3 kabupaten yaitu Banyuwangi, Jember dan Bondowoso.

Jika dilihat secara geografis, gunung ini berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen serta merupakan puncak tertinggi dari gugusan pegunungan di kawasan ini.

Dari titik tertinggi jika diurutkan maka gunung tersebut menjadi gunung tertinggi urutan ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Arjuno.

Secara riwayat letusan atau erupsi, gunung tersebut meletus pertama kali diperkirakan tahun 1586 selanjutnya letusan secara berkala terjadi antara 1 hingga 10 tahun, letusan terakhir terjadi pada 27 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah