Gempa Tuban: Susulan Masih Terjadi Beberapa Kali, Efek Terasa hingga Semarang dan Yogyakarta

- 22 Maret 2024, 12:29 WIB
Gempa bumi di Tuban sebesar 6,0 magnitudo terjadi di 132 kilometer timur laut Tuban kedalaman 10 meter, gempa susulan 4,0 Magnitudo terasa hingga Semarang dan Yogyakarta.
Gempa bumi di Tuban sebesar 6,0 magnitudo terjadi di 132 kilometer timur laut Tuban kedalaman 10 meter, gempa susulan 4,0 Magnitudo terasa hingga Semarang dan Yogyakarta. /Instagram @bmkgtuban/

MalangTerkini.com – Gempa bumi di Tuban dengan 6,0 magnitudo terjadi pada hari Jumat, 22 Maret 2024 sekitar pukul 11.22 WIB.

Pusat gempa bumi ini terdapat di laut selatan Kabupaten Tuban, berjarak 192 kilometer dari Sedati atau 132 kilometer Timur Laut Tuban.

Masih terjadi gempa susulan sebesar magnitude 4,0 dan sangat terasa di sejumlah daerah hingga Semarang dan Yogyakarta.

Gempa bumi Tuban

Menurut keterangan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi ini terletak pada koordinat 5.74 LS dan 112.32 BT. Namun tidak berpotensi menimbulkan Tsunami.

Gempa ini sangat terasa guncangannya di beberapa daerah Jawa Timur hingga Jawa Tengah, daerah Malang, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Nganjuk, Pekalongan, Trenggalek, Tulungagung, Pacitan, Madiun, Semarang dan Yogyakarta.

Masih menurut BMKG, telah terjadi gempa susulan pada pukul 12.00 WIB dengan kekuatan lebih rendah yaitu 4,0 magnitudo dan pukul 12.16 WIB terjadi lagi gempa susulan berkekuatan 3,3 magnitudo.

Gempa berkekuatan besar selalu berpotensi masih terjadi beberapa kali lagi gempa susulan. Mengenai kerusakan yang terjadi, hingga artikel ini terbit masih belum diketahui kerusakan yang terjadi akibat gempa di Tuban ini.

Gempa seperti ini memiliki skala intensitas IV MMI artinya jika terjadi pada siang hari maka bisa dirasakan oleh sebagian besar orang yang beraktifitas di dalam ruangan.

Setelah terjadi gempa, perlu melakukan evaluasi dan melakukan pengecekan struktur bangunan agar terhindar terkena reruntuhan pada saat gempa susulan terjadi.

Itulah gempa bumi di Tuban sebesar 6,0 magnitudo terjadi di 132 kilometer timur laut Tuban kedalaman 10 meter, gempa susulan 4,0 Magnitudo terasa hingga Semarang dan Yogyakarta.***

Editor: Ratna Dwi Mayasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah